IMPLEMENTASI BUDAYA BAKU UNTUK TERAPI MINDFULNESS ISLAMI SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN KECEMASAN DAN DEPRESI DI KALANGAN GENERASI MUDA  (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN DAARUT TAUHIID BANDUNG)

Main Article Content

Aini
Husna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas implementasi budaya BAKU (Baik dan Kuat) dalam terapi mindfulness Islami sebagai alternatif penanggulangan kecemasan dan depresi di kalangan generasi muda Muslim, khususnya di lingkungan Daarut Tauhiid Bandung. Latar 
belakang penelitian ini didasari oleh tingginya prevalensi gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, di kalangan remaja Indonesia, yang diperparah oleh tekanan era digital dan minimnya intervensi berbasis nilai agama dan budaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan generasi muda Muslim yang aktif secara digital dan rutin mengikuti kegiatan keagamaan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam menggunakan pedoman semi terstruktur, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi budaya BAKU dalam praktik mindfulness Islami mampu meningkatkan resiliensi, kesejahteraan psikologis, dan kemampuan pengelolaan emosi generasi 
muda. Pendekatan ini dinilai lebih relevan dan diterima karena selaras dengan nilai spiritual dan budaya yang dianut. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program kesehatan mental berbasis mindfulness Islami dan budaya lokal sebagai solusi preventif dan kuratif yang efektif untuk generasi muda Muslim di era digital. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IMPLEMENTASI BUDAYA BAKU UNTUK TERAPI MINDFULNESS ISLAMI SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN KECEMASAN DAN DEPRESI DI KALANGAN GENERASI MUDA  (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN DAARUT TAUHIID BANDUNG). (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 1-11. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.128
Section
Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI BUDAYA BAKU UNTUK TERAPI MINDFULNESS ISLAMI SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN KECEMASAN DAN DEPRESI DI KALANGAN GENERASI MUDA  (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN DAARUT TAUHIID BANDUNG). (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 1-11. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.128

References

Agustin, M., & Hidayah, U. (2024). Optimalisasi Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental Serta Mengurangi Burnout di Kalangan Pelajar. AL-QALAM: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 198–112. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.3282

Alfurqan, M. H., & Wirdati, W. (2024). Analisis Penggunaan Website Berbasis AI dalam Mengerjakan Tugas Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Padang. Islamika, 6(4), 1727–1739. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i4.5309

Amanda, Y., & Syahidin. (2024). Islamic Mindfulness: Prinsip-Prinsip Islam dalam Menangani Masalah Kesehatan Mental. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(5), 359–363.

Bayu Aji, R., Khasan, M., & Psikologi, F. (2024). Prilaku Makan Mahasiswa Indekos Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 375–387.

Hendrikson Febri. (2024). Stres No More: Strategi Efektif Mengelola Stres di Tengah Kehidupan Digital. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 54–71. https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i2.383

Khairanis, R., & Aldi, M. (2024). Peran Mindfulness Berbasis Islam terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa di Era Digital. Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics, 8(3), 1–15.

Laelatuh, A. (2025). Menemukan Kedamaian: Tinjauan Sistematis Penerapan Mindfulness pada Remaja. Unpkediri, 3(7), 1–15.

Lie, N., Astika, R., & Sakawama. (2023). Harmoni Di Era Teknologi Gital Dengan Penerapan Meditasi Buddhis Di Pendidikan Akademik. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 5(2), 68–79.

Masrukhin, Ilman Nafi’a, & Sumanta. (2023). Interpretasi Mimpi dalam Perspektif Haditsdan Teori Sigmund Freud serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Mental. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 792–830.

Mochamad, K. K., Fahrul, R., & Muhammad, A. H. S. (2024). Pengaruh Mindfulness dan Religiusitas Terhadap Meningkatnya Tingkat Depresi Pada Remaja Muslim di Kota Kuningan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 337–345. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6521

Mukhlis. (2024). Signifikansi dan Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah. Integrated Education Journal, 1(1), 22–42.

Nyayu, N. A., Roudhatul, H., Tria, I. S., Rizki, N., & Risma, A. P. (2025). Dampak Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental Remaja. ANALYSIS: Journal Of Education, 3(2), 184–190.

Triastuti, I., Siska Nurfauziah, W., & Noviyanti, I. (2024). Tingkat Stres Pada Gen Z Terhadap Pengaruh Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 264–272. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index

Wasfiyah, F., Mutmainnah, B., Subhan, N. I., Santalia, I., & Yusriani, D. (2025). Integrasi Sholat Sebagai Terapi Emosional Dalam Pendidikan Dan Konseling Islam. Journal of Islamic Studies | Page, 05(01), 13–40.