RAHASIA HIDUP BAHAGIA DI MASA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Hidup bahagia adalah dambaan semua makhluk, namun dalam masa pandemi COVID-19 ini, kebahagiaan seakan menjauh dari kehidupan manusia. Banyak masalah yang muncul menyebabkan peningkatan kecemasan, seakan-akan pandemi COVID-19 ini adalah sumber Penderitaan. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memaparkan kehidupan manusia yang terdampak pandemi COVID-19 dan bagaimana seharusnya manusia menyikapinya agar dapat tetap hidup bahagia dalam suasana pandemi. Dalam Empat Kebenaran Mulia disebutkan asal mula Dukkha adalah nafsu keinginan. Nafsu keinginan yang disertai kebodohan batin menuntun para makhluk masuk ke dalam lingkaran saṁsāra.
Walaupun pandemi telah membuat manusia menjalankan kehidupan baru berupa kehidupan “new normal”, namun sesungguhnya penyebab Penderitaan manusia adalah keinginan manusia sendiri. Dan Penderitaan dapat dilenyapkan dengan melepaskan keinginan-keinginan, semakin banyak keinginan yang dilepaskan seseorang, maka semakin tinggi tingkat kebahagiaan seseorang. Laksanakanlah Jalan Mulia Berunsur Delapan sesuai ajaran Buddha agar dapat tetap hidup bahagia dalam masa pandemi COVID-19
Downloads
Article Details
How to Cite
References
(2019). Haettu 4th. October 2020 osoitteesta Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/bahagia
(2020). Haettu 15th. August 2020 osoitteesta Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19
(2020). Haettu 3rd. October 2020 osoitteesta Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19
Āciṇṇa, B. (2015). Jānāti Passati (1st p.). Beji: Yayasan Meditasi Hutan Pandangan Terang.
Dharma, B., Wijoyo, H., & Anjayani, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82.
Fadil, I. (2020). Haettu 14th. August 2020 osoitteesta merdeka.com: https://www.merdeka.com/dunia/pbb-ingatkan-dampak-pandemi-corona-terhadap-kesehatan-mental-harus-diatasi.html
Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.
Irwandy. (2020). Haettu 15th. August 2020 osoitteesta KOMPAS.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/18/180500023/4-gelombang-besar-covid-19-yang-menghantam-sistem-layanan-kesehatan?page=all
Joko Nurjadi, N. T. (Toim.). (2015). Aṅguttara Nikāya. Jakarta Barat: DhammaCitta Press.
Kaharuddin, J. (2005). Abhidhammatthasaṅgaha (1st p.). Tangerang: Vihara Padumuttara.
Kheminda. (2016). Haettu 15th. August 2020 osoitteesta YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=Z9_nOjt5KOQ
Kheminda. (2018). Kamma (1st p.). (F. Laksana;& M. Wartono, Toim.) Jakarta: Dhammavihari Buddhist Studies.
Lie, F.;& Melissa, G. (Toim.). (2013). Majjima Nikāya. Jakarta Barat: DhammaCitta Press.
Mon, M. T. (2012). Intisari Jalan Kesucian (Visuddhi Magga) (1st p.). (Subhapañño, Toim.) Medan: Indonesia Tipitaka Center.
Mutkumarana, N. (2014). Panduan untuk Belajar Buddhisme Buku 2 (1st p.). (Kuncoro, Toim.) Jakarta Barat: Yayasan Prasadha Jinarakkhita Buddhist Institute.
Nyanasamvara. (ei pvm). Penuntun Menuju Kesadaran. (L. T., Toim.) Medan.
Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.
Pranata, J., Wijoyo, H., & Suharyanto, A. (2021). Local Wisdom Values in the Pujawali Tradition. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 590-596.
Prasasti, G. D. (2020). Haettu 15th. August 2020 osoitteesta Liputan 6: https://www.liputan6.com/health/read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibat-covid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia
Rizal, J. G. (2020). Haettu 15th. August 2020 osoitteesta KOMPAS.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all
Susīlā. (2015). Jalan Menuju Kebahagiaan. (F. Laksana, Toim.) Jakarta Barat: Yayasan Prasadha Jinarakkhita Buddhist Institute.
Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.
Vijjānanda, H. (Toim.). (2009). Paṭisambhidāmagga. Medan: Indonesia Tipitaka Center.
Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen DI STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.
William, H., & Wijoyo, H., (2020). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/13