PENGARUH E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA BUDDHIS BODHICITTA MEDAN

Main Article Content

Lamirin Lamirin

Abstract

Pembelajaran berbasis online saat ini merupakan sebuah keharusan dimana era teknologi informasi berkembang secara cepat. Masa pandemi seperti saat ini juga menuntut berbagai penyesuaian dalam berbagai aktifitas termasuk pembelajaran kelas tatap muka langsung yang tidak dapat dilakukan demi penyebaran virus covid-19. SMPS Buddhis Bodhicitta Medan telah melangsungkan pembelajaran melalui e-leaning, namun ditemukan beberapa indikasi tentang efektifitas pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa yang rendah seperti mematikan video, terlambat masuk room meeting, kurang memperhatikan saat guru menjelaskan. Hal inilah yang membuat peneliti inging mengetahu sebarapa besar pengaruhnya pembelajaran berbasis e-learning ini terhadap motivasi belajar siswa SMPS Buddhis Bodhicitta Medan. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto yang ingin menguji suatu hipotesis tetapi tidak memberikan perlakuan-perlakuan tertentu. Penelitian dilakukan terhadap populasi sebanyak 45 siswa. Data diambil menggunakan angket melalui google form yang disebar kepada populasi sasaran. Analisis Data menggunakan uji regresi linier sederhana yang fokus pada menguji 1 variabel independen terhadap 1 variabel dependen. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengaruh pembelajaran berbasis e-learning positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 2,788 > 2,016, koefisien regresi (b) sebesar 0,470 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,008 (p < 0,05). Sumbangan efektif E-learning Klasiber berbasis e-learning terhadap motivasi belajar siswa SMP Buddhis Bodhicitta Medan sebesar 15,3% yang ditunjukkan dari nilai R2 = 0,153 yang menyatakan bahwa ada 84,7% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa seperti faktor fisik, psikologis, waktu, tempat, dan faktor sosial seperti guru, teman, dan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENGARUH E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA BUDDHIS BODHICITTA MEDAN. (2022). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 4(1), 29-39. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v4i1.62
Section
Articles

How to Cite

PENGARUH E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA BUDDHIS BODHICITTA MEDAN. (2022). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 4(1), 29-39. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v4i1.62

References

Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Aziz, and Al Musadieq. 2016. “Pengaruh Penggunaan Android Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang.”
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., & MH, M. (2020). DASAR-DASAR PENDIDIKAN. Insan Cendekia Mandiri.
Hartono, W. J., Wijoyo, H., Wongso, F., Khoiri, A., Sunarsi, D., Kusjono, G., & Sobarna, A. (2021). Students’ Perceptions of Student Council Activity in New Normal Era at Junior High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Series Volume, (534).
Indrawan, I., Wijoyo, H., Sutarna, A., & Usada, B. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi.
Lisniasari, L. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kerukunan Beragama Pemuda Lintas Iman Ingage. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 1(1), 24-39.
Lisniasari, L., Susanto, S., Nuriani, N., & Widiyanto, W. (2022). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 61-65.
Nurdyansyah, Fahyuni, and Eni Fariyarul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Prawiradilaga, and Dewi Salma. 2016. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Simanihuru, Lidia. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Siu, O. C., Lamirin, L., Lisniasari, L., & Darsono, D. (2021). Mengoptimalkan Peran Guru Dalam Membangun Kesehatan Mental Siswa Di Masa Pandemi Melalui Teknologi Pikiran Pada Forum Guru Pendidikan Agama Buddha Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(1), 29-38.
Suci, I. G. S., Sedana, G., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Suharsono, Puguh. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: Permata Puri Media.
Sujarweni, and Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Wijoyo, H. (2021). Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. Solo: CV Insan Cendekia Mandiri.
Zainiyati, and Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep Dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Kencana.