KONSEP MEDITASI DALAM TAREKAT NAQSABANDIYAH
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini menjelaskan tentang konsep zikir beserta amalan tarekat sebagai sarana meditasi perspektif tarekat Naqsabadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research, dengan menggunakan pendekatan desriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan di di Rumah Suluk Babul Khairat Desa Durian Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik deskriptif-analitis. Penelitian ini menemukan bahwa meditasi dalam tarekat Naqsabandiyah rumah Suluk Babul Khairat terdiri dari tiga amalan, yakni; zikir ismu dzat, zikir nafi isbat, dan khatam tawajjuh. Zikir itsmu dzat dilakukan dengan cara menyebut Allah di dalam hati sembari memusatkan perhatian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Zikir nafi isbat diamalkan dengan membaca kalimat Laa Ilaha Illallah dengan perlahan sembari mengtur nafas ketika membacanya. Sedangkan khataman Tawajuh ialah melakukan serangkaian wirid yang berisikan ayat-ayat al-Quran, shalawat, dan doa.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Azyumardi Azra, 2008. Ensiklopedi Tasawuf, Bandung: Angkasa.
Dadang Ahmad Fajar, 2010. Epistimologi Doa, Nuansa Cendekia.
Dadang Ahmad Fajar, 2015. Psikoterapi Religius, Cianjur: Darr Dzikr Press.
Fatma Laili Khoirun Nida, 2014. Zikir Sebagai Psikoterapi Dalam Gangguan Kecemasan Bagi Lansia, Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 5, No. 1.
Fuad Said, 2005. Hakikat Tarekat Naqsabandiyah, Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., & MH, M. (2020). DASAR-DASAR PENDIDIKAN. Insan Cendekia Mandiri.
Hamdani Bakran Adz-Dzaky, 2008. Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Al-Manar.
Hartono, W. J., Wijoyo, H., Wongso, F., Khoiri, A., Sunarsi, D., Kusjono, G., & Sobarna, A. (2021). Students’ Perceptions of Student Council Activity in New Normal Era at Junior High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Series Volume, (534).
Hasyim Hasanah, 2016. Teknik-teknik Observasi Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial, Jurnal at-Taqaddum, Vol. 8, 1.
Husein Mu’nis, 1999. al-Sirah al-Nabawiyah, terj. M. Nursamad Kamba, Jakarta Timur: Adigma Media Utama.
Ibn Qayyim Al-Jauziyah, 2011. Terima Kasih Doaku Dikabulkan Ya Allah, penerj. Fauzi Bahreisy, Jakarta: Zaman.
Ida Bagoes Mantra, 2008. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial, Yogjakarta: Pustka Pelajar.
Imam An-Nawawi, 2009. The Complete Book of Zikir, Bandung: Sygma Publishing.
Imam Gunawan, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara.
Imron Aba, 1980. Di Sekitar Masalah Thariqat Naqsabandiyah, Kudus: Kudus Menara.
Indrawan, I., Wijoyo, H., Sutarna, A., & Usada, B. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi.
Khalid ibn Sulaiman Ar-Rabi’i, 2007. Keajaiban Doa, Jakarta: Qisthi Press.
Linda O’Riordan, 2002. Seni Penyembuhan Sufi, penerj. Mariana Ariestyawati, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Martin Brunnessen, 1996. Tarekat Naqsabandiyah di Indonesia, Bandung: Mizan.
Mita Rosaliza, 2015. Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif, Jurnal Ilmu Budaya, Vol. 11, No. 2.
Moh. Nazir, 2014. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhtar Solihin, 2004. Terapi Sufistik, Bandung: Pustaka Setia.
Suci, I. G. S., Sedana, G., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tamyis Ade Rama dkk, 2016. Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self-Hypnosys Untuk Meingkatkan Empati, Jurnal Psikostudia, Vol. 5, No. 1.
Wijoyo, H. (2021). Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. Solo: CV Insan Cendekia Mandiri.
Willia Novi Aryani, 2012. Metode Terapi Doa Bagi Kesehatan Jiwa, (Studi Kasus pada pasien rawat inap RSUD Ujung Berung Kota Bandung) Bandung: jurusan Tasawuf Psikoterapi fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.
Wiwin Yuliani, 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling, Quanta, Vol. 2, No. 2.