UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Main Article Content

Ong Cin Siu
Lamirin Lamirin
Uci Tantriana

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses untuk menumbuhkembangkan potensi anak kearah yang positif. Tetapi faktanya masih sedikit guru yang menggunakan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa didalam pembelajaran tersebut dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada materi kalyanamitta pendidikan agama Buddha. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Bodhicitta Medan, dilaksanakan pada bulan februari sampai Juni 2020. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Model pembelajaran dilakukan dalam empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan (observasi) serta refleksi tindakan.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mencatat hal-hal yang terjadi, dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran pendidikan agama Buddha khususnya materi kalyanamitta pada siklus I terdapat 26 orang siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 34 orang telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada post test siklus I memperoleh nilai rata-rata 70, sedangkan post test siklus II terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata menjadi 79. Dari hasil itu sebagian besar siswa telah mencapai KKM sekolah yang ditentukan. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING. (2021). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 3(2), 70-83. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i2.47
Section
Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING. (2021). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 3(2), 70-83. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i2.47

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Al Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710.
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41–46.
Arthana, I. K. R., Tirtayani, L. A., Adnyani, K. E. K., & Mahayanti, N. W. S. (2018). Peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan media ajar berbasis videografis sebagai learning object pada sistem garsupati bagi guru sma dan smk kabupaten buleleng. Widya Laksana, 7(1), 31–40.
Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3).
Fitriani, D., Irwandi, D., & Milama, B. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi laju reaksi. Edusains, 9(2), 117–126.
Lisniasari, L., Susanto, S., Nuriani, N., & Widiyanto, W. (2021). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 61-65.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Yonata, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Disiplin dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Cipulir, Jakarta Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 594-600.
Wijoyo, H., Haudi, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., Wijayanti, K. D., & Nuryani, Y. & Akbar, MF (2021, May). Design of Information System Buddhist Identity Card in Riau Province Using Java Programming Language. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 465-469).