PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Kurangnya kemampuan public speaking mahasiswa STAB Bodhi Dharma disebabkan oleh kurangnya pengalaman yang menyebabkan rendahnya kepercayaan diri, sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri tehadap kemampuan public speaking mahasiswa STAB Bodhi Dharma T.A. 2020/2021. Penelitian ini diteliti secara kuantitatif berupa angket 50 reponden penelitian yang disebar secara daring untuk kemudian diolah, dianalisis dan disajikan. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, diketahui bahwa data telah berdistribusi normal dengan perolehan nilai signifikansi 0,063 yang lebih besar daripada 0,05 dalam pengujian normalitas, memiliki hubungan linear dengan perolehan nilai signifikansi 0,089 yang lebih besar daripada 0,05 dan nilai f hitung 0,457 yang lebih besar daripada nilai f tabel 1,96 dalam pengujian linearitas, persamaan regresi Y = -28322 + 1,572X dalam pengujian analisis regresi linear sederhana dan diterimanya hipotesis dalam pengujian hipotesis dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 yang lebih besar daripada 0,005 dan nilai t hitung sebesar 17,452 yang lebih besar daripada nilai t tabel sebesar 2,011. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima dan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking mahasiswa STAB Bodhi Dharma Medan tahun akademik 2020-2021 dengan nominal pengaruh sebesar 0,930 yang kemudian dikonversikan ke dalam nilai persen menjadi 93%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan diri mempengaruhi variabel kemampuan public speaking sebesar 93%.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Badudu, R. & Dewi S. 2012. Bukan Pidato dan MC Biasa, Seni Praktik Public Speaking Super Dahsyat. Yogyakarta: Pustaka Cerdas
Ghufron, Nur, dan Risna wita Rini. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kumari, W., Selwen, P., Lisniasari, L., & Siu, O. C. (2021). Pelatihan Kemandirian Peserta Didik Sekolah Minggu Buddha Melalui Loka Shanti Camp Di Vihara Loka Shanti Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(1), 1-10.
Hidajat. 2006. Public Speaking dan Teknik Presentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thantawy R. 2005 Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Grasindo.
Surianto, E. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Yang Beragama Buddha Di SD Swasta Maitreyawira Deli Serdang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1(1), 23-31.
Sujinah. 2017. Menjadi Pembicara Terampil. Sleman: Deepublish
Surianto, N. N., Dewi, C., & Siu, O. C. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMA Buddhis Bodhicitta Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1(1), 52-61.
Yatimah, Durotul. 2017. Landasan Pendidikan. Jakarta: Alumgadan Mandir.
Yonata, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Disiplin dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Cipulir, Jakarta Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 594-600.
Wijoyo, H., Haudi, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., Wijayanti, K. D., & Nuryani, Y. & Akbar, MF (2021, May). Design of Information System Buddhist Identity Card in Riau Province Using Java Programming Language. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 465-469).