HUBUNGAN AKTIVITAS SPIRITUAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MUDA-MUDI UMAT BUDDHA

Main Article Content

Taridi Taridi
Komang Sutawan
Nuriani Nuriani
Susanto Susanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan mengenai aktivitas spiritual dengan kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai kepercayaan diri muda-mudi umat Buddha di Pesawaran. Spiritualitas adalah pencarian pribadi untuk memahami jawaban sebagai tujuan akhir dalam hidup, tentang makna, dan tentang hubungan suci atau transenden, yang mana (atau mungkin juga tidak) memimpin pada atau bangun dari perkembangan ritual keagamaan dan bentukan komunitas. Mengenai kepercayaan diri, kepercayaan diri merupakan perluasan yang diyakikini seseorang mengenai apa yang bisa dihasilkan, tujuan yang yang dicapai, atau pelaksanaan tugas secara kompeten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yaitu melakukan uji hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjuhkan nilai signifikan 0,00 <0,05% dengan nilai Pearson Correlation 0.619. Artinya ada hubungan yang kuat dan positif antara aktivitas spiritual terhadap kepercayaan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HUBUNGAN AKTIVITAS SPIRITUAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MUDA-MUDI UMAT BUDDHA. (2020). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 2(2), 85-92. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v2i2.22
Section
Articles

How to Cite

HUBUNGAN AKTIVITAS SPIRITUAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MUDA-MUDI UMAT BUDDHA. (2020). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 2(2), 85-92. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v2i2.22

References

Agustian, Hendriati. 2009. Psikologi pekembangan. Refika Aditama: Bandung
Amyani, S. (2010). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian santri pesantren tahfizh sekolah daarul qur’an internasional bandung. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21645/1/SITI AMYANI-FPS.PDF.
Etika, W. (2019). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1).
Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.
Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
King & Koenig, 2009, Conceptualising Spirituality for Medical Research and Health Service Provision, BMC Health Services Reasearch, Vol 9.
Lindenfield, G. (1997). Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.
Maslow, A.H. 1984. Motivasi dan Keperibadian: Teori MotivasiDengan Rancangan Hirarki Kebutuhan Manusia. Alih bahasa: Aris Saputra. Jakarta.
Maslow, A.H. 1984. Motivasi dan Keperibadian: Teori MotivasiDengan Rancangan Hirarki Kebutuhan Manusia. Alih bahasa: Aris Saputra. Jakarta.
Perbowosari, H., Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., & Setyaningsih, S. A. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.
Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB) Taman Lumbini Tebango Lombok Utara. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).
Pranata, J., Wijoyo, H., & Surya, J. (2021). Akulturasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Mengawe Dalam Agama Buddha. Jurnal Maitreyawira, 2(1), 58-64.
Schunk, Daleh H. 2012. Learning Theories An Educational Perspektif. Terjemahan. Eva Hamdia dan Ramad Fajar Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutta Nipata (The Sutta Nipata).1999. H. Saddatissa (Tranl Pali Inggris). Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia oleh Lanny Anggawati dan Cintiawati. Klaten: Vihara Bodhivamsa.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2).
WIJOYO, H., Handoko, A. L., Santamoko, R., & Yonata, H. (2020, October). Peran Agama Dalam Menangkal Cyber Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. In Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, No. 1, pp. 35-45).
Wijoyo, H., Haudi, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., Wijayanti, K. D., Nuryani, Y., ... & Akbar, M. F. (2021, May). Design of Information System Buddhist Identity Card in Riau Province Using Java Programming Language. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 465-469). Atlantis Press.
Zohar, Danah dan Marshall, Ian. 2001. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralisitik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Terjemahan oleh Rahmanai Astuti DKK (Ed). Bandung: Mizan Pustaka.