MEDITASI ĀNĀPĀNASATI TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BERAGAMA BUDDHA PADA KELAS XII SMA SWASTA BODHICITTA MEDAN

Main Article Content

Sutio
Wongso
Nuriani

Abstract

Masa remaja merupakan fase transisi penting yang kerap menimbulkan ketegangan emosional akibat perubahan biologis dan sosial yang cepat. Ketidakmampuan remaja dalam mengelola emosi dapat menimbulkan sikap negatif, seperti menurunnya empati dan kesadaran sosial. Dalam konteks pendidikan Buddhis, latihan merenungkan Ānāpānasati diyakini mampu menumbuhkan kesadaran diri serta keseimbangan emosional melalui pengamatan napas yang terarah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik meditasi Ānāpānasati terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa beragama Buddha di SMA Swasta Bodhicitta Medan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 siswa kelas XII. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ānāpānasati berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kecerdasan emosional, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,873 dan nilai thitung 9,798, lebih tinggi dari t tabel 1,661 (p<0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,495 menunjukkan bahwa 49,5% variasi kecerdasan emosional dipengaruhi oleh praktik pengeditan, sementara sisanya 50,5% dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa latihan Ānāpānasati efektif dalam memperkuat kesadaran diri, pengendalian emosi, serta kemampuan interpersonal siswa. Secara praktis, hasil penelitian ini merekomendasikan integrasi kegiatan konversi ke dalam proses pembelajaran sebagai sarana pengembangan karakter dan kesejahteraan psikologis peserta didik dalam pendidikan Buddhis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MEDITASI ĀNĀPĀNASATI TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BERAGAMA BUDDHA PADA KELAS XII SMA SWASTA BODHICITTA MEDAN. (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 41-51. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.132
Section
Articles

How to Cite

MEDITASI ĀNĀPĀNASATI TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BERAGAMA BUDDHA PADA KELAS XII SMA SWASTA BODHICITTA MEDAN. (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 41-51. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.132

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta:

Rineka Cipta.

Bhūmi, D. 2021. Melihat Pohon Bodhi. Kemloko-Trawas-Mojokerta: Girimaṅgalaram.

Buddhadasa, B. 2005. Mindfulness with Breathing. Terjemahan oleh Djauhery, Meditasi Pernapasan. Palembang: Yayasan Svarnadipa Sriwijaya.

Diananda, A. 2018. Psikologi Remaja dan Permasalahannya. In Istighna (Vol. 1, Issue 1). www.depkes.go.id

Gunaratana, H. Tanpa Tahun. Meditasi dalam Kehidupan Sehari-hari. Klaten: Wisma Sambodhi.

Gyatso, T., & Chodron, T. 2017. Buddhism One Teacher Many Traditions. Terjemahan oleh I. Taniputera, Agama Buddha Satu Guru, Beragam Tradisi. Jakarta Barat: Yayasan Karaniya.

Jinarakkhita, M. N. 2004. Meditasi I. Jakarta: Vajra Dharma Nusantara.

Maitrianti, C. 2021. Hubungan antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Kecerdasan Emosional. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 291-305.

Mariyati, L. I., & Rezania, V. 2021. Buku Ajar 1: Psikologi Perkembangan Sepanjang Kehidupan Manusia. Sidoarjo: UMSIDA Press.

McDonald, K. 2008. How to Meditate - A Practical Guide. Terjemahan oleh T. Liawan, MEDITASI - Sebuah Petunjuk Praktis. Jakarta Barat: Yayasan Penerbit Karaniya.

Pencarian KBBI VI Daring. 2023, Oktober. Retrieved from KBBI Daring - Kemendikbud: https://kbbi.kemendikbud.go.id

Sayadaw, P.-A. T. 2013. Ānāpānassati (Sadar Penuh pada Napas). Dhamma Mamaka.

Sudaryono. 2021. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (2nd ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). ALFABETA.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Uttamo, B. 2007. Dasar-Dasar Meditasi. Medan: Bodhi Buddhist Centre Indonesia.

Vimalaramsi, B. Tanpa Tahun. The Anapanasati Sutta ¬¬- A Practical Guide to Mindfulness of Breathing and Tranquil Wisdom Meditation. Lesterville: Dhamma Sukha Meditation Center.

Walshe, M. 2009. The Long Discourses of the Buddha - A Translation of the Digha Nikaya. In T. G. Press, Khotbah-Khotbah Panjang Sang Buddha (Digha Nikaya). DhammaCitta.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. 2020. Analisa Kecerdasan Emosional Remaja Tahap Akhir Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 8 No 4, 477-484.