MEDITASI ANAPANASATI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AGAMA BUDDHA KELAS X SMA W.R. SUPRATMAN 2 MEDAN

Main Article Content

Lisia
Santoso
Kumari

Abstract

Hasil belajar siswa yang tidak optimal mencerminkan adanya kendala dalam proses pembelajaran, terutama yang berasal dari tekanan psikologis atau stres yang berlebihan. Kondisi ini sering kali menimbulkan berbagai dampak negatif seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, perubahan perilaku, dan penurunan konsentrasi, yang secara keseluruhan menghambat motivasi serta kinerja akademik siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang efektif untuk membantu siswa dalam mengelola stres dan memulihkan keseimbangan mental. Salah satu metode yang menjanjikan adalah meditasi, khususnya meditasi Anapanasati, yang kesadaran penuh terhadap pernapasan untuk mencapai ketenangan batin dan kejernihan pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik meditasi Anapanasati terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui penyebaran kuesioner kepada 127 siswa kelas XI SMA WR Supratman 2 Medan. Hasil analisis menunjukkan bahwa konversi memberikan kontribusi terhadap peningkatan motivasi belajar sebesar 80,9%, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,809. Selain itu, hasil uji t menunjukkan nilai 19,087, jauh melebihi t tabel 1,979, dengan tingkat signifikansi 0,007 (<0,05), yang menyatakan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pengulangan Anapanasati dan motivasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Anapanasati dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar serta mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar pendidik mengintegrasikan praktik berpikir ke dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat, produktif, dan berorientasi pada pengembangan potensi diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MEDITASI ANAPANASATI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AGAMA BUDDHA KELAS X SMA W.R. SUPRATMAN 2 MEDAN. (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 30-40. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.131
Section
Articles

How to Cite

MEDITASI ANAPANASATI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AGAMA BUDDHA KELAS X SMA W.R. SUPRATMAN 2 MEDAN. (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 30-40. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.131

References

Asrori. 2020. Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Brahm, A. 2008. Superpower Mindfulness. Jakarta: Ehipassiko Foundation.

Dhammapada (Sabda-sabda Buddha Gautama).1989. Terjemahan oleh Tirtasanti. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.

Khantipalo. 2008. Nasihat Praktis Bagi Meditator. Yogyakarta: Kamadhis UGM.

Sardiman, AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Wiratna,S dan Utami,L.R. 2020. The Master Book Of SPSS. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Abdul,R., Agus., Luthfi. (2019). Peran Mindfulness Dalam Meningkatkan Behavioral Self Control Pada Remaja. https://doi.org/10.25077/jip.3.2.110-117.2019

Bariyyah, K. (2013, November). Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa dengan Teknik Cognitive-Behavioral Stres Management. In Proseding Kongres XII, Konvensi XVIII Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia dan Seminar Internasiol Konseling. Denpasar Bali (pp. 14-16).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14. https://doi.org/10.69607/jm.v1i2.24

Saputro, et al. (2023). Analisis Penerapan Mindfulness Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630

Wijoyo, H., Julia, S. (2022). Analisis Penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Umat Buddha Vihara Dharma Loka Pekan Baru. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18565