PROGRAM GERAKAN LITERASI DAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MEMBACA

Main Article Content

Liana
Selwen
Wongso

Abstract

Penelitian ini didorong oleh rendahnya keterlibatan dalam membaca di kalangan siswa, yang menunjukkan ketidakpedulian yang nyata terhadap program literasi yang ditawarkan di lembaga pendidikan. Sejumlah besar siswa mengungkapkan kebosanan ketika diminta membaca oleh guru mereka, menunjukkan preferensi untuk bermain game daripada literatur. Situasi ini memerlukan perhatian mendesak terhadap kemanjuran inisiatif literasi sekolah dan kualitas layanan perpustakaan dalam memelihara minat membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak program gerakan literasi dan kualitas layanan perpustakaan terhadap minat baca siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, sampel terdiri dari 72 siswa sekolah menengah dari kelas X, yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup, diikuti oleh analisis melalui uji asumsi klasik, regresi linier sederhana dan berganda, serta penilaian validitas dan reliabilitas instrumen. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) program gerakan literasi secara positif dan signifikan memengaruhi minat baca siswa (t = 5,539; p = 0,000); (2) kualitas layanan perpustakaan juga 
memiliki dampak positif dan signifikan terhadap minat baca (t = 2,782; p = 0,007); dan (3) jika dipertimbangkan secara bersama-sama, kedua variabel tersebut secara signifikan memengaruhi minat baca siswa (F = 63,454; p = 0,000). Koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R²) sebesar 0,638 menunjukkan bahwa 63,8% variasi minat baca dapat dikaitkan dengan kedua variabel tersebut, sementara 36,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar cakupan penelitian ini. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan program literasi dan peningkatan kualitas layanan perpustakaan untuk menumbuhkan budaya membaca yang kuat di kalangan siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PROGRAM GERAKAN LITERASI DAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MEMBACA. (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 20-29. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.130
Section
Articles

How to Cite

PROGRAM GERAKAN LITERASI DAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MEMBACA. (2025). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 7(1), 20-29. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v7i1.130

References

Akbar, Usmar, Agusalim, Ali, dan Nasrullah. Pengaruh Pelayanan Perpustakaan yang Memadai Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 4, 1725–1734. dapat ditemukan di sini: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/909.

Aṅguttara Nikāya, Jilid 111, Khotbah-khotbah Numerik Sang Buddha, Indra Anggara. DhammaCitta Press, Jakarta

Amalda dan Prasojo (2018). Pengaruh kedisiplinan guru dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan diterbitkan pada tahun 2011 dan diterbitkan pada halaman 11 https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515.

Budiharto, Triyono, dan Suparman pada tahun 2018. Literasi Sekolah Sebagai Usaha Membangun Masyarakat Peserta Didik Yang Mempengaruhi, Vol. 5(1), hlm. 153–166. Sumber informasi: http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Ellendiana, M. Strategi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. Sumber informasi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572.

Herlina dan Haris pada tahun 2022. Implementasi Gerakan Literature untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Islam di Sdn 10 Manurunge, Kabupaten Tanete Riattang, hlm. 299–307. Sebuah artikel telah diterbitkan di https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/894.

Abhamani, A. P. Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 11(1), 35-41. Sumber informasi: https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4.

Panduan Gerakan Literasi di SMP, diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud pada tahun 2019.

Khotbah Menengah Sang Buddha. Edi Wijaya dan Indra Anggara (Terjemahan). 2013. DhammaCitta Press, Jakarta

Lutfiyah, F. Manajemen Perpustakaan El Idare, 1(2), 189–200, http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/676/608.

Madani dan Bataha (2023). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(November), 706–714. Sebuah artikel yang dapat diakses di sini: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5371.

Pangestu, R. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43–53. Sebuah artikel yang dapat diakses di sini: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/14629/14201.

Salma, A. Analisis Strategi Literasi dan Minat Baca Siswa SD Mimbar Undiksha PGSD, 7, 122–127. Di sini, Anda dapat menemukan artikel ini: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/17555/10534/25304.

Santoso, Rahmawati, Murod, dan Setiyaningsih (2020). Hubungan antara Karakter Siswa dan Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 91-99 Sumber informasi ini dapat ditemukan di https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/131/36.

Sekaran dan Bougie, 2019. Metode Penelitian untuk Bisnis II Edisi Keenam, diterbitkan oleh Salemba Empat di Jakarta.

Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif", 2022, Bandung: Alfabeta.

Tute, K. J. Pengaruh lingkungan kerja dan kualitas instruksi guru terhadap kinerja belajar siswa Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 4, 1326–1335. Sumber informasi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.554.

Wati, R. E. Kedisiplinan guru dan hasil belajar siswa Lihat artikel ini di sini: http://conference.um.ac.id/index.php/apfip2/article/view/389.