SARJANA PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SEBAGAI MISIONARI BUDDHIS (STUDI KASUS PADA LULUSAN PTKB DI PROVINSI SUMATERA UTARA)

Main Article Content

Winja Kumari

Abstract

Seorang lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) bertanggung jawab untuk menjaga, memperluas dan mempertahankan ajaran Buddha pada masyarakat. Masyarakat, khususnya masyarakat Buddhis saat ini mengalami kemerosotan moral yang ditandai dengan persoalan kenakalan remaja, narkoba, prostitusi, tidak hormat pada orang tua, serta tidak takut berbuat maupun akibat dari kesalahannya lagi. Vihara, cetiya maupun arama sebagai rumah ibadah pun tidak lagi berfungsi sebagai mestinya dikarenakan kurangnya minat umat untuk membina diri dan konflik yang terus berlangsung dari generasi ke generasi. Untuk menghadapi permasalahan ini, sangat dibutuhkan kepedulian dan bantuan lulusan PTKB yang lebih sibuk mengajar di sekolah untuk membina generasi muda Buddhis menjadi insan mandiri, cekatan, cerdas, terampil, serta beretika dengan cara melibatkan mereka dalam kegiatan Buddhis di rumah ibadah maupun organisasi Buddhis. Dalam hal ini, lulusan PTKB pun dapat bekerja sama dengan orang tua, pengurus rumah ibadah, pandita umat Buddha dan pemerintah setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SARJANA PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SEBAGAI MISIONARI BUDDHIS (STUDI KASUS PADA LULUSAN PTKB DI PROVINSI SUMATERA UTARA). (2021). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 3(1), 42-51. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i1.13
Section
Articles

How to Cite

SARJANA PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SEBAGAI MISIONARI BUDDHIS (STUDI KASUS PADA LULUSAN PTKB DI PROVINSI SUMATERA UTARA). (2021). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 3(1), 42-51. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i1.13

References

Bodhi. 2013. Majjima Nikaya.I. 12, 73, Dhammacitta Press, Jakarta.

Bodhi. 2015. Anguttara Nikaya I-3. Dhammacitta Press, Jakarta.

Bodhi. 2015. Anguttara Nikaya V-11. Dhammacitta Press, Jakarta.

Dharma, B., Wijoyo, H., & Anjayani, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2 (2), 71-82.

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI 2008 Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasiona, Jakarta

Kusuma. Eddi. 2012. Refleksi &Relevansi Sumpah Pemuda Dalam Era Reformasi, cet I, Jakarta, lembaga pengkajian sakti.

Lubis Lahmuddin, (2016), ”Pendidikan Agama Dalam Perspektif Islam, Kristen dan Buddha, edisi revisi, Bandung: Citapustaka Media Perintis

Mukti krisna wijaya 2016. Demokrasi, Buddhayana,dan Pemberdayaan Dharmaduta. Jakarta: Yayasan Dian Dharma.

Notohadiprawiro, T. 2006. Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB) Taman Lumbini Tebango Lombok Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Pranata, J., Wijoyo, H., & Suharyanto, A. (2021). Local Wisdom Values in the Pujawali Tradition. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 590-596.

Rahmat, 2010, Pemuda Dimana Kau Berada, Jakarta, forum OKP tingkat nasional.

S. Sasanasena. 2014. Situs Warisan Dunia Buddhis, Yokyakarta, cet 1, In Sight.

Sinulingga Risnawaty, 2006, Pendidikan Agama Kristen (Pengembangan Kepribadian), Medan, Cet I, Pustaka Bangsa Press.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Sugiyono (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata. 2000. Langkah-Langkah Penelitian. http://ibnurusdi.wordpress.com [5 Juni 2018].

Tin Mon Mehm, (2012), ”Intisari Jalan Kesucian Visuddhi Magga, vol 1, Medan: ITC.

Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen DI STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.

William, H., & Wijoyo, H., (2020). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/13