PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMPS TRI RATNA SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Pada era yang terus berkembang saat ini, tantangan di dalam dunia pendidikan semakin beragam dan mengharuskan para pendidik untuk terus berinovasi dalam menyajikan materi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa. Suatu proses pembelajaran yang menarik adalah pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung. Namun kenyataannya masih banyak proses pembelajaran yang berpusat hanya pada pendidik saja. Pendidik kurang mengaitkan konflik di lingkungan sekitar dengan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi siswa di SMPS Tri Ratna Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPS Tri Ratna Sibolga sejumlah 58 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang mana menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan pengujian kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta pengujian asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran problem based learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMPS Tri Ratna Sibolga. Variabel model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh sebesar 51,9% terhadap motivasi belajar siswa sedangkan sisanya sebesar 48,1% merupakan pengaruh dari variabel lain.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23.
A.M. Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Amir, M. Taufiq. (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Buddharakkhita, A. (Penerj.). (1985). Dhammapada: The Buddha's Path of Wisdom (Ayat 282). Kandy, Sri Lanka: Buddhist Publication Society.
Creswell, John W & Cheryl N. Poth. (2019). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approaches. United States of America: SAGE Publications.
Danim, Sudarwan. (2022). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, presentasi, dan publikasi hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian pemula Bidang Ilmu Sosial, Cet. I, Pendidikan dan Humaniora, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Djamaluddin Ahdar, dkk. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center. Parepare. Sulawesi Selatan. : 6.
Ghozali, Imam. (2019). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2023). Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup.
Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran.
Kusnandar, Dede. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya. Volume 1, Nomor 1, Juni 2019 (17-30), p-ISSN: 2685-0397, e-ISSN: 2685-6387.
Mardani, N.K, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, Vol. 5 No. 1, Bulan April Tahun 2021, p-ISSN:2614-8366, e-ISSN:2686-1925.
Nasution Fauziah,dkk. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Melalui Peningkatan Kualitas Pengajaran. Jurnal. Maktabun. Vol. 2. No. 2. 5.
Nurul Azizah. (2019). Berfikir Kritis Dan Problem Based Learning (Surabaya: Media Sahabat Cendikia).
Priyatno, D. (2019). SPSS Panduan Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum (Giovanny (ed.); 1st ed.). ANDI.
Saenab, Sitti, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII di Smp Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Volume 10 , No. 2, Tahun 2019, ISSN: 1978-5119.
Sanjaya. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Setyowati, Anik, dkk. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Pinisi: Journal of Teacher Professional. Volume 3, Nomor 1 April 2022 e-ISSN: 2723-1631.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sopiah, A. O. S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) sebagai Sarana Mengembangkan Pembelajaran Matematika SD. “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jawa Barat: FKIP UNMA.
Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol.3, No.1, 2021, E-ISSN 2714-7851.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 1.
V. Wiratna Sujarweni. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU.
Widya, M. (2020). Virya: Semangat Belajar dalam Agama Buddha. Jurnal Dharma, 20 (1), 1-14.