PENGARUH PERAN PANDITA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KEAGAMAAN UMAT BUDDHA DI VIHARA INDONESIA THERAVADA BUDDHIS CENTER (ITBC) DI DELI SERDANG

Main Article Content

Tony Wijaya
Mina Wongso
Lamirin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Peran Pandita terhadap Peningkatan Kualitas keagamaan Umat Buddha di Vihara Indonesia Theravada Buddhis Center di Deli Serdang Tahun 2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Populasi yang digunakan terdiri dari umat pria dan Wanita yang berjumlah 350 orang. Sampel yang digunakan oleh peneliti dengan teknik Random Sampling, sehingga diperoleh 78 orang sebagai sampling. Hasil analisis data menggunakan regresi linear sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara peran Pandita dan kualitas keagamaan umat Buddha di Vihara Indonesia Theravada Buddhis Center di Deli Serdang. Koefisien regresi yang diperoleh adalah 0.503 atau 50,3% dengan nilai p < 0.05. Ini mengindikasikan bahwa setiap peningkatan unit pada variabel peran Pandita berhubungan dengan peningkatan 50,3% pada kualitas keagamaan umat. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran Pandita dalam mempengaruhi kualitas keagamaan secara keseluruhan. Secara lebih spesifik, pengajaran ajaran Buddha yang efektif oleh Pandita berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman dan praktik keagamaan umat. Pandita yang memberikan bimbingan spiritual yang mendalam dan memfasilitasi pelaksanaan ritual yang sesuai berperan penting dalam meningkatkan pengalaman religius umat. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas bimbingan dan pelaksanaan ajaran yang diberikan oleh Pandita berdampak langsung pada kualitas keagamaan umat, memperkuat keyakinan dan praktik mereka dalam ajaran Buddha.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENGARUH PERAN PANDITA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KEAGAMAAN UMAT BUDDHA DI VIHARA INDONESIA THERAVADA BUDDHIS CENTER (ITBC) DI DELI SERDANG. (2024). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 6(2), 77-88. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v6i2.121
Section
Articles

How to Cite

PENGARUH PERAN PANDITA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KEAGAMAAN UMAT BUDDHA DI VIHARA INDONESIA THERAVADA BUDDHIS CENTER (ITBC) DI DELI SERDANG. (2024). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 6(2), 77-88. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v6i2.121

References

Agustin, D. H., & Arsana, I. W. (2023). IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA PADA MASYARAKAT DESA BALONGGARUT KECAMATAN KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Magister Hukum Perspektif, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.37303/magister.v14i1.78

Apriyanto, R., Anjani, D., Burmansah, B., & Tupari, T. (2023). Buddhayana: Memahami Peran Ashin Jinarakkhita dalam Pengembangan Spiritual Umat Buddha. Kajian dan Reviu Jinarakkhita: Jurnal Gerakan Semangat Buddhayana, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.60046/jgsb.v1i1.39

Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Bandung: Rineka Cipta.

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Media Sains.

Dewi, M. P. (2019). PERAN DAN TANTANGAN PENYULUH AGAMA BUDDHA DI DESA KALIMANGGIS KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENGENDALIKAN INGROUP FAVORITISM. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.53565/abip.v2i2.77

Dharma, L. V. S. W. (2019). Pola Pembinaan Umat Buddha oleh Pandita Magabudhi di Kota Tangerang. Jurnal Pelita Dharma, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.69835/jpd.v5i2.206

Gandha, G., & Susijati, S. (2024). Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu Buddha di Vihara Theravada Buddha Sasana Kelapa Gading. Journal of Education Research, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1070

Houw, L., Aman, A., & Subekti, P. (2023). Peran pandita Magabudhi dalam implementasi moderasi beragama di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pelita Dharma, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.69835/jpd.v10i1.426

Liana, S. (2016). Kerukunan Umat Muslim, Hindu dan Budha di Gampong Keudah Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2016.

Nuh, N. M. (2012). RESPON TERHADAP MAJELIS AGAMA BUDDHA TENTRAYANA SATYA BUDDHA INDONESIA DI KALIMANTAN BARAT. Harmoni, 11(4), Article 4.

Sriyani, D. A., Yatno, T., & Dewi, M. P. (2019). IMPLIKASI TRADISI PATTIDANA PADA SOLIDARITAS UMAT BUDDHA DI DESA PURWODADI KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.53565/pssa.v5i2.113

Subandi, A. (2021). Makna Spiritual Tradisi Pindapata Sebagai Wujud Sanghadana dalam Masyarakat Agama Buddha di Kota Magelang. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 18(1), Article 1.

Sugiarto, M. L., & Nirmala, D. (2020). Tindak Tutur dalam Upacara Etnis Tionghoa Peranakan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.30651/st.v13i1.3710

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.

Sukarti, S. (2020). Pengaruh Eksistensi Pandita terhadap Minat Umat Buddha pada Kegiatan di Vihara. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/abip.v3i1.163

The, L., Yadnyawati, I. A. G., Muljadi, Isomudin, & Adrian. (2024). Pendidikan Keagamaan Buddha sebagai Wujud Pendidikan Keluarga pada Umat Buddha Vihara Asoka Arama, Denpasar, Bali. Abdi Dharma, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1.2802