PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI HANDPHONE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA PADA SISWA SD KELAS VI W.R. SUPRATMAN 2 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Penggunaan Teknologi Handphone Terhadap Pemahaman Materi Pendidikan Agama Buddha Pada Siswa SD Kelas VI W.R. Supratman 2 Medan
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Berdasarkan hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara teknologi handphone (X) terhadap pendidikan agama buddha (Y) dapat di lihat dari nilai signifikan pada perhitungan uji t yang memiliki nilai sebesar 0.00 < 0.05 yang mengartikan dengan memperhatikan teknologi hendphone dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan agama buddha. Dalam penelitian ini dapat kita ketahui bahwa dengan peningkatan teknologi handphone dapat mempengaruhi pembelajaran pendidikan agama buddha jika di manfaatkan baik maka akan berpengaruh baik tetapi sebaliknya apabila tidak di manfaatkan buruk maka hanya akan menjadi pengaruh buruk bagi siswa – siswi kelas VI SD W.R. Supratman 2 Medan.
Penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan atas hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan pengaruh penggunaan teknologi handphone terhadap pemahaman materi pendidikan agama buddha pada siswa Sd Kelas VI W.R. SUPRATMAN 2 Medan sebagai berikut :
- Pengunaan teknologi handphone berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pendidikan agama buddha pada siswa Sd Kelas VI W.R. SUPRATMAN 2 Medan. Hasil penelitian di peroleh pada uji t dengan nilai signifikan 0.00 < 0.05. Maka dapat di simpulkan bahwa Ha yang menyatakan pengunaan teknologi handphone berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pendidikan agama buddha.
- Besar pengaruh variabel penggunaan teknologi handphone terhadap pemahaman pendidikan agama buddha pada siswa Sd Kelas VI W.R. SUPRATMAN 2 Medan dapat di dari hasil uji determinan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebanyak 0,5 yang mengartikan adanya hubungan sig antara variabel independen terhadap variabel dependen dikarenkan nilai R yang mengarah angka 1. Nilai R2 sebanyak 0,25 yang mengartikan bahwa variabel pendidikan agama buddha dipengaruhi variabel teknologi handphone sebesar 25%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Astuti, W. 2017. Pengaruh Penggunaan Smarphone Terhadap Keefektifan Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Jurusan Dakwah Dan Komunikasi Stain Parepare. Skripsi.
Cendi, M. 2016. Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Islam Kecamatan Bontoala Kota Makasar. Skripsi. Makassar : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.
Efendi, B.2021. Dinamika Komunikasi (Telaah Atas Sejarah, Perkembangan dan Pengaruhnya terhadap Teknologi Kontemporer). Jurnal. Pascasarjana Komunikasi dan Penyiar Islam Universitas Islam Negri (UIN) Mataram.
Ginanjar G, Kusmawati L, 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstriktivisme Pembelajaran Matematika Di Kelas 3 SDN Cibaduyut 4. Jurnal. Jurnal Pendidikan Guru Sekokla Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Subang Vol 1
Ismoyo, T. 2020. Konsep Pendidikan Dalam Pandangan Agama Buddha. Jurnal. Jurnal Pendidkan Buddha dan Isu Sosial Kontemporere Vol.2
Kumari W, Selwen P, Lisniasari, Ong Cin Siu. 2021. Pelatihan Kemandirian Peserta Didik Sekolah Minggu Buddha Melalui Loka Shanti Camp Di Vihara Loka Shanti Kota Medan. Jurnal . Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma Vol.1,No.1
Nuraeni D, Uswatun A,D. 2020. Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kleas IV B SDN Pintukisi. Jurnal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.5
Oktavianti, F. 2022. Pengaruh Kemajuan Digital Dalam Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah (MA) Al Hikamh Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas islam Negri Raden Intan Lampung.
Rizmitami, V. 2019. Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMPN 2 Takengon . Skripsi. Banda Aceh : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri AR-Raniry Banda Aceh
Ratnapala, 1993. Buddhist Sociology
Herawati, N. 2023. Pengenalan Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini. Jurnal. Jurnal Penelitian Sistem Informasi Vol.1 No.3 Agustus 2023
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian program. . Yogyakarta : Pustaka Pelajar