PERAN MAJELIS BUDDHAYANA INDONESIA (MBI) TERHADAP PENANAMAN NILAI INTERSEKTARIAN PADA MASYARAKAT BUDDHA DI LAMPUNG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimanakah nilai intersektarian berkembang pada masyarakat Buddha di Lampung dan bagaimanakah peran Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) terhadap penanaman nilai intersektarian pada masyarakat Buddha di Lampung tahun 2018. Belum meratanya penanaman nilai intersektarian pada masyarakat Buddha di Lampung, hal ini terlihat pada saat melaksanakan puja bakti. Umat Buddha di Lampung masih cenderung puja bakti mengunakan paritta (tradisi Theravada). Penanaman nilai intersektarian di provinsi lampung yang belum merata menyebabkan pelaksanakan puja bakti masih difokuskan pada tradisi Theravada. Walaupun masih didominan pada tradisi Theravada, akan tetapi masih ada beberapa masyarakat melaksanakan puja bakti secara khusus menggunakan tradisi Mahayana dan Tantrayana. Nilai intersektarianpun masih belum sepenuhnya diterapkan sehingga terjadi dominasi pengunaan satu mahzab saja yang diangap paling baik, dan terjadi kesenjangan dalam bentuk kurang hormatnya terhadap mahzab lain.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tempat dilaksanakan penelitian di Provinsi Lampung, waktu yang digunakan adalah 6 bulan, dimulai dari Juli sampai Desember 2018. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara (1) reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), (2) paparan/sajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan.
Provinsi Lampung terdiri dari 164 wihara yang berada di bawah naungan Sangha Agung Indonesia (SAGIN). Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) sebagai pembatu tugas Sangha Agung Indonesia (SAGIN) membimbing Umat Buddha dalam menanamkan nilai intersektarian agar berkembang pada masyarakat Buddha di Lampung. Nilai intersektarian berkembang pada masyarakat Buddha di Lampung, tidak terlepas dari peran Sangha Agung Indonesia (SAGIN) dan Majelis Buddhayana Indonesia (MBI).
Berkembangnya nilai intersektarian di Provinsi Lampung Melalui Tokoh Majelis Buddhayana Indonesia (MBI), Melalui Ceramah Dhamma dan Melalui Kunjungan Sangha. Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) memiliki peran penting dalam menanamkan nilai intersektarian dalam perkembangan agama Buddha di Provinsi Lampung. Berikut peran penting Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) dalam menanamkan nilai intersektarian: Membina Melalui Ceramah Dhamma, Pelayanan Puja Bhakti Keliling, Kunjungan Kasih, dan Pelatihan Pandeta.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Creswell, J. W. 1998. Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
Dhammananda, Sri. 2002. Keyakinan Umat Buddha. Jakarta: Ehipassiko.
Dharmawimala dkk. 2012. Buddhayana Values. Jakarta: Karaniya.
Digha Nikaya (Dialogue of The Buddha) Vol.III. Terjemahan Davids, Rhys. 1977. London: The Pali Text Society.
Ekacarya. 2018. Majelis Buddhayana Indonesia. ekacarya.org/ekacarya/mbi/. Diakses 11 Desember 2018.
Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasiny: Ghalia Indonesia. Jakarta.
Juangari, Edij. 2016. Menabur Benih Dharma Dinusantara Riwayat Singkat Y.A. MNS Ashin Jinarakkhita. Jakarta: Yayasan Karaniya.
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Mukti, Krisnanda. 2001. Buddhayana. Jakarta: Yayasan Dian Dharma.
Musnaini, M., & Wijoyo, H. (2021). Impact of Variety Seeking, dan Elektronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching Brand Switching di Industri Kosmetik Indonesia. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 3(1), 23-32.
Suharyanto, A., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Upacara “Puja Chautu” Dan “Yen Kung” Dalam Agama Buddha. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 4(1), 60-73.
Perbowosari, H., Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., & Setyaningsih, S. A. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.
Piyadassi. 2003. Spektrum Ajaran Buddha. Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Tri Ratna.
Racheman, Harkiman. 2011. Buddhayana. Jakarta: Majelis Buddhayana Indonesia.
Rashid, Teja.1997. Sila dan Vinaya. Jakarta: Buddhis Bodhi.
Saŋyutta-Nikāya (The Book of The Kindered Sayings) Part V. Terjemahan Woodward. 1990. Oxford. Davids (ed) London: Pali Text Society.
Siswanta. 2004, Upaya Menumbuhkan Rasa Kebersamaan Intersektarian di Kalangan Masyarakat Buddhis. Skripsi. STIAB Smaratungga. Tidak dipublikasikan.
Wijoyo, H. (2021). sistem informasi Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2019). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54.
Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau Dimasa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 396-404.
Wijoyo, H. (2021). Emotional Quotient Analysis: How the Students Adapted in the Covid-19 Periods. Psychology and Education Journal, 58(3), 2280-2285.
Wijoyo, H., & Riau, W. S. D. Analisis Efektifitas Pendidikan Agama Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Pandemi Covid-19.
WIJOYO, H., Handoko, A. L., Santamoko, R., & Yonata, H. (2020, October). Peran Agama Dalam Menangkal Cyber Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. In Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, No. 1, pp. 35-45).