PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER BUDDHIS DALAM MENINGKATKAN OSITIF SISWA DI SEKOLAH DASAR MAITREYAWIRA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan nilai-nilai Karakter Buddhis terhadap peningkatan kepribadian positif siswa di Sekolah Dasar Maitreyawira Deli Serdang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Karakter Buddhis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepribadian positif siswa. Ini ditunjukkan melalui pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil uji normalitas, homogenitas, dan linearitas memungkinkan penggunaan statistik parametrik, mendukung validitas model. Dengan koefisien regresi sebesar 0.720 atau 72% dan p-value 0.000, analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai-nilai Karakter Buddhis secara signifikan berkontribusi terhadap kepribadian positif siswa. Selain itu, koefisien determinasi (R-squared) sebesar 34.1% menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Karakter Buddhis bertanggung jawab atas sebagian besar perbedaan dalam kepribadian positif siswa. Oleh karena itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Karakter Buddhis memainkan peran penting dalam membangun kepribadian positif siswa di sekolah dasar.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102
Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Bandung: Rineka Cipta.
Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Media Sains.
Fajriyah, R. R. (2019). ImplementasiPendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Didik Di SDN 104230 Tanjung Sari Kec. Batang Kuis Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/11211/
Farizal. (2022). Komunikasi Pembelajaran dan Pembentukan Kepribadian Positif dalam Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), Article 01.
Handika, D. H. D. (2021). PERAN SIGALOVADA SUTTA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/abip.v4i1.296
Harahap, N. H., Amanda, R., Munawaroh, Z. A., & Akila, O. R. (2023). Peran Guru BK dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3638
Indriyani, R. A., Lestari, W., & Setiawan, F. (2023). Urgensi Manajemen Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.981
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Proceedings of The ICECRS, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Nida, T. (2019). Pendidikan Karakter Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar dalam Keluarga di Kota Banjarmasin | Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/3009
Nurhayati, Y., & Muda, W. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 2(5), 165–180.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=9dZWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=metode+penelitian+kuantitatif&ots=1fcJPd6uJh&sig=PqgmLPD7W7Jwa9odHbI2vvcCB_M
Ramadhanti, M., Sumantri, M. S., & Edwita. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME). Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1682
Solissa, E. M., Hayati, A. A., Rukhmana, T., Muharam, S., Mardikawati, B., & Irmawati, I. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Journal on Education, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4928
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000