PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP INOVASI GURU AGAMA BUDDHA DI KOTA MEDAN TAHUN 2024
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Inovasi Guru Agama Buddha di Kota Medan, menilai pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Agama Buddha serta menguji secara simultan pengaruh kedua variable tersebut terhadap Inovasi Guru Agama Buddha di seluruh Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner tertutup. Populasi penelitian mencakup seluruh Guru Agama Buddha di Kota Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Komitmen Organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Agama Buddha, dengan koefisien korelasi sebesar 0,166 atau 16,6%. Selain itu, Motivasi Berprestasi juga berpengaruh signifikan, dengan koefisien korelasi mencapai 0,622 atau 62,2%. Temuan ini memperlihatkan bahwa peningkatan inovasi dalam pengajaran guru agama Buddha dapat dicapai melalui penguatan Komitmen Organisasi dan Motivasi Berprestasi, baik secara terpisah maupun secara bersamaan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Eliyana. S. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru yang Bersertifikasi. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol 1.(61) (http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip diakses tanggal 04 Maret 2024)
Fung B.K. 2020. Pengaruh Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi Pada SPK Sd Dan Smp Di Kecamatan Kalideres Dan Cengkareng Provinsi Jakarta. Jurnal (online) No. 2 (http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3018/1909, diakses tanggal 04 Maret 2024)
Khasanah (2020). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Palembang, (online), (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3764/3774, diakses tanggal 04 Maret 2024)
Kumari, W., & Lisniasari, L. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Agama Buddha Pada Sekolah Dasar. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(3), 86-91.
Sadtyadi, Hesti. (2020). Keterlaksanaan Pendidikan Agama Buddha Dalam Implementasi Kurikulum.. 4(1):1–12.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet. 206