IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Article Content
Abstract
Experiential learning merupakan proses penciptaan pengetahuan melalui kombinasi antara mendapatkan pengalaman dan mentransformasi pengalaman. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran experential learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP. Metode yang digunakan kualitatif melalui kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode experiental learning merupakan proses pembelajaran untuk membangun pengetahuan dan keterampilan dengan mengaktifkan peserta didik berdasarkan pengalaman mereka secara langsung. Mengenai gaya belajar yang sesuai dengan tahapan dalam Model Pembelajaran Experiential, di antaranya Assimilator (AC/RO), Converger (AC/AE), Accommodator (CE/AE), dan Diverger, (CE/RO). Lalu, prosedur pembelajaran experiential learning meliputi guru merumuskan secara seksama, guru harus bisa memberikan rangsangan dan motivasi, siswa dapat bekerja secara individual, para siswa ditempatkan pada situasi-situasi nyata, siswa aktif berpartisipasi, dan keseluruhan kelas menceritakan kembali. Langkah-langkah model experiential learning meliputi pengalaman nyata (concrete experience), observasi refleksi, konseptualisasi abstrak, dan eksperimen aktif/tahap implementasi. Kemudian, penerapan metode pembelajaran experential learning khususnya terhadap siswa SMP dapat dilakukan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dimana tahapan penerapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dan terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, diantaranya: faktor dalam diri peserta didik (faktor internal) dan faktor dari luar peserta didik (faktor eksternal).
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press.
Afdalia, & Asmawati. (2022). Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 59. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.11
Anggreni. (2017). Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami). At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 194–195.
Ariantini, N., & Turdjai. (2020). Penerapan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 10 Lahat). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 113.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.
Fahima, I. I., & Julianto. (2022). Pengaruh Experiential Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Tema Panas dan Perpindahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 448–450.
Handayani, S. W., & Marsudi, M. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Kelas Xi Smk Negeri 1 Pangkalanbaru. MEDIOVA: Journal of Islamic Media Studies, 2(1), 11. https://doi.org/10.32923/medio.v2i1.2490
Hapsari, S., & Christine Mamahit, H. (2023). Bimbingan Kelompok Dengan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Sepuluh Siswa Kelas Viii Smp Tarakanita Gading Serpong. Jurnal PSIKOEDUKASI (Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Konseling, 21(2), 90. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4930
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 5. www.diknas.net
Idris, G. (2018). Penerapan model pembelajaran experiential learning untuk meningkatkan prestasi belajaar materi ungkapan pemaparan. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 3(2), 136–137.
Lindawati, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen. Jurnal Sains Riset, 9(2), 32. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i2.112
Mulyani, M., Farikah, F., Rini, A., & Jendriandi. (2022). EXPERIENTAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA DI MTs MAGELANG (SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN ABAD 21 …. … Nasional PIBSI Ke-44 …, 29. http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2023/article/download/32/32
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.
Pratiwi, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Di Dukung Metode Example Non Example Pada Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Simpang Agung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106%0A
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. 2.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Sajiatmojo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Suggestions and Offers. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 299–300. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i3.1666
Sugiyanto. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Experiential Learning Dalam Peningkatan Prestasi Prestasi belajar Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. 15, 45.
Tarida, E., Sastromihardjo, A., & Cahyani, I. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning dalam Menulis Teks Puisi. Riksa Bahasa XVI, 316.