PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AGAMA BUDDHA SISWA KELAS X SMA BODHICITTA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelpelajaran dapat diketahui melalui hasil belajar siswa. Tidak semua siswa mampu memaksimalkan kecerdasan emosional, sehingga siswa kurang mampu mengikuti pelajaran dan tidak dapat memotivasi diri untuk fokus dan aktif yang berdampak pada hasil belajar siswa. Siswa Kelas X SMA Bodhicitta Medan juga masih kurang percaya diri, contohnya saat siswa masih kurang percaya diri menyampaikan hasil presentasi dan menjawab pertanyaan dari siswa lain, malu bertanya, serta tidak yakin akan kemampuannya sendiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bodhicitta Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 menggunakan angket kecerdasan emosional dan kepercayaan diri sebagai instrumen penelitian. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bodhicitta Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa.
Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar mata pelajaran agama Buddha siswa kelas X SMA Bodhicitta Medan baik secara simultan maupun parsial. Simpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar jika kecerdasan emosional dan rasa percaya diri siswa tinggi. Kecerdasan emosional dan rasa percaya diri merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan dalem belajar dan kebahagiaan dalam hidup serta berpengaruh terhadap kebermaknaan hidup, penempatan diri, baik bagi dirinya sendiri, sekolah dan lingkungannya, maka kecerdasan emosional dan rasa percaya diri perlu ditanamkan dan ditumbuhkan dalam diri setiap siswa dengan dibantu oleh guru, orang tua dan teman sebaya.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Dhammapada. 2017. The Buddha’s Path of Wisdom. Singkwang Selatan: Bahussuta Society.
Dharma, B., Wijoyo, H., & Anjayani, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82.
Dimyati dan Mudijono. 2016. Belajar dan Pembelpelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.
Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Universitas Diponegoro.
Lauster, Peter. 2017. Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Ma’rat, Samsunuwiyati. 2016. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munib, Achmad. 2017. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.
Pranata, J., Wijoyo, H., & Suharyanto, A. (2021). Local Wisdom Values in the Pujawali Tradition. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 590-596.
Rifki, Mustofa. 2017. Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Islam Almaarif Singosari. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri.
Santrock, J.W. 2017. Life Span Development. Terj. Boston: Mc Graw Hill.
Slameto. 2017. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Tu’u, tulus. 2016. Peran Disimplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Wahyuningsih, Amalia Sawitri. 2017. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Universitas Persada Y.A.I.
Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen DI STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.