PERAN BUDAYA SEKOLAH BUDDHIS TERHADAP KOMITMEN DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Main Article Content

Lisniasari Lisniasari
Sunter Candra Yana
Joko Santoso

Abstract

Pendidikan dalam konteks sekolah tidak hanya mementingkan pembelajaran di ruang kelas, namun juga budaya sekolah. Budaya sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter serta menanamkan kebiasaan  yang baik sehingga peserta didik dapat memahami mana yang baik dan salah. Selain berfungsi sebagai pendidikan karakter bagi peserta didik, budaya sekolah juga mempengaruhi kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini membahas bagaimana peran budaya sekolah Buddhis terhadap komitmen dan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Nilai-nilai yang perlu menjadi  landasan  budaya sekolah antara lain nilai-nilai cinta dan kasih sayang, mata pencaharian benar, merasa berkecukupan, kejujuran dan perhatian. Budaya dapat mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri pribadi seseorang, budaya menetapkan sistem sosial para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan komitmen dan kinerja dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PERAN BUDAYA SEKOLAH BUDDHIS TERHADAP KOMITMEN DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. (2023). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 5(1), 35-44. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v5i1.108
Section
Articles

How to Cite

PERAN BUDAYA SEKOLAH BUDDHIS TERHADAP KOMITMEN DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. (2023). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 5(1), 35-44. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v5i1.108

References

Adzkiya, A. (2020). Sekolah dan Komitmen Profesional Pendidik Terhadap Kinerja Pendidik ( Studi Kasus Di Mts Ma ’ Arif Nu Kabupaten Banyumas ). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22.

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja pendidik, disiplin kerja pendidik, dan kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21.

Ansori. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pendidik SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Reviewe), 10(2), 261–271.

Ardana, P. (2020). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Kontribusi Sertifikasi Pendidik , Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–53.

Aryantini, N. P. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(2), 99–110.

Bauto, L. M. (2014). Perspektif Agama dan Kebudayaan dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia (Suatu Tinjauan Sosiologi Agama). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 11–25

Darmasada, I. K. N. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Kinerja Pendidik Melalui Teknik Meeting Kepala Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 3(1), 117–124.

Darmawan, A. (2020). Pengaruh penggunaan kahoot terhadap hasil belajar materi ruang lingkup biologi. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91-99.

Daryanto, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Yogyakarta: Gava Media).

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media.

Dharmesvara, Dharmcarya. 1997. Kuliah Agama Buddha untuk Perpendidikan Tinggi. Jakarta: Yayasan Sanata Dharma Indonesia (YASADARI)

Dikdas, D. (2012). Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter Melalui pengembangan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Ideswal. (2019). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Johannes, N. Y. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 1.

Mahatera, D. (2009). Segenggam Daun Bodhi. Sumatera Utara: Dewan Penpendidiks Daerah Sumatera Utara Pemuda Theravada Indonesia.

Mon, M. T. (1995). The Essence of Buddha Abhidhamma. Mya Mon Yadanar Publication.

Nabilah, P.B. (2022) Perilaku Asertif Kepala Sekolah Perempuan Menunjang Mutu Pendidikan dan Kinerja Pendidik. Jurnal Pendidikan Islam, 12 (2).

Pramudita, M. N. (2022) Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Digha Nikaya Pada Mahapeserta didik Calon Pendidik Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Vijjacariya 9 (1)

Rashid, T. (1997). Sila dan Vinaya. Jakarta: Budhis Bodhi.

Sukadari, S. (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75-86.

Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja pendidik konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.

Zamroni, Z. (2011). Dinamika peningkatan mutu. Jakarta: Gavin Kalam Utama.

Zhahira, J., Shalahudin, S., & Jamilah, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik Di Raudhatul Athfal Al-Akhyar Kabupaten Bungo (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).