PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA KELAS VIII A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PERGURUAN BUDDHI DI KOTA TANGERANG
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa kelas VIII A yang disebabkan oleh munculnya sikap indvidualisme pada siswa, dan siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Perguruan Buddhi di Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari a) perencanaan; b) pelaksanaan; c) observasi; dan d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Buddha dan siswa kelas VIII A sebanyak 25 siswa di Sekolah Menengah Pertama Perguruan Buddhi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes, dengan instrument penelitian berupa butir soal, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 56% dan 60%, pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa memperoleh skor sebesar 84% dan 92%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa kelas VIII A, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari rata-rata siklus I sebesar 58% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha dan dapat meningkatkan keaktifan serta komunikasi siswa di dalam kelas.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: yrama widya.
Abdullah, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah. Lantanida journal, 5(1), 13-28.
Miftahul, H. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 49.
Suardi, M., & Pembelajaran, B. D. (2018). Yogyakarta: Deepublish.
Sugianto, S. (2018). Tantangan Profesi Guru Pendidikan Agama Buddha Di Tangerang. Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis, 5(2).
Suyono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, A. D., & Djihad, A. (2013). Bagaimana menjadi calon guru dan guru profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
SISDIKNAS, U. U. (2010). Sistem Pendidikan Nasional Edisi Revisi.