MENINGKATKAN EMOTIONAL QUOTIENT MELALUI KAYAGATASATI: PERENUNGAN TERHADAP BADAN JASMANI

Main Article Content

Eka Merlin

Abstract

 


Kecerdasan emosional, atau yang dikenal dengan emotional quotient, memiliki implikasi yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk spiritualitas, pendidikan, bisnis, dan psikologi. Pelatihan yang terfokus pada perhatian terhadap tubuh dapat membantu individu dalam mengelola stres, mengembangkan kesadaran diri, kebijaksanaan emosional, meningkatkan kesehatan mental, dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Teknik meditasi perhatian terhadap jasmani (kayagatasati) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan konsentrasi dengan mengarahkan perhatian pada sensasi tubuh dan pernapasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan baru tentang efektivitas meningkatkan emotional quotient melalui perhatian pada jasmani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan studi pustaka dari berbagai sumber, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan artikel. Analisis data menunjukkan bahwa perhatian pada jasmani efektif dalam meningkatkan kesadaran dan konsentrasi. Integrasi pelatihan perhatian terhadap jasmani dalam pendidikan formal dan pelatihan profesional diusulkan sebagai sarana untuk membantu meningkatkan emotional quotient individu sejak dini dan dalam karir profesional mereka. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa perhatian pada jasmani merupakan strategi yang berpotensi efektif untuk meningkatkan emotional quotient. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut yang mendalam tentang topik ini sangat penting untuk dilakukan guna memperdalam pemahaman dan penerapannya dalam konteks yang lebih luas.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MENINGKATKAN EMOTIONAL QUOTIENT MELALUI KAYAGATASATI: PERENUNGAN TERHADAP BADAN JASMANI. (2023). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 5(1), 7-13. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v5i1.105
Section
Articles

How to Cite

MENINGKATKAN EMOTIONAL QUOTIENT MELALUI KAYAGATASATI: PERENUNGAN TERHADAP BADAN JASMANI. (2023). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 5(1), 7-13. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v5i1.105

References

Agustian, A. G. (2001). Rahasiswa Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quotient) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam (1 Ihsan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam). Arga.

Anālayo, B. (2020). Somatics of Early Buddhist Mindfulness and How to Face Anxiety. Mindfulness, 11(6), 1520–1526. https://doi.org/10.1007/s12671-020-01382-x

Baskara, A., Soetjipto, H. P., & Atamimi, N. (2018). Kecerdasan Emosi Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Program Meditasi. Jurnal Psikologi, 35(2), 101–115.

Do, B., Anh, L., Dhammahaso, H., & Piyabhani, N. (2022). THE EFFECTIVE WAY OF CULTIVATING THE MIND BASED ON WISE. 13(1), 60–74.

Giustarini, G. (2012). Peran ketakutan (bhaya) dalam Nikāyas and dalam Abhidhamma. Jurnal Filsafat India, 40(5), 511–531.

Goleman, D. (2002). Healing Emotions (Penyembuhan Emosi, Percakapan dengan Dalai Lama tentang Meditasi, Perasaan, dan Kesehatan) (Batam Cent). Inter Aksara.

Goleman, D. (2007). Emotion Intelligence/Kecerdasan Emosi, Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. (2014). The eustres concept: Problems and out-looks. World Journal of Medical Sciences, 11(2), 179–185. https://doi.org/10.5829/idosi.wjms.

Pasadio, T. (1978). Efek Fisiologik dan Psikologik dari Meditasi. Jiwa, Majalah Psikiatri, 4.

Sholikhah, A. (2016). STATISTIK DESKRIPTIF DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Komunikasi, 10(2), 342–362.

Siu, O. C., & William, W. (2020). Pengaruh Meditasi Chan Terhadap Kecerdasan Emosional Komunitas Chan Vihara Dharma Wijaya Medan. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 2(1), 47–55. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v2i1.18

Wijaya, K. (2020a). Wacana Buddha-Dhamms (V). Yayasan Karaniya.

Wijaya, K. (2020b). Wacana Buddha-Dharma (V). Yayasan Karaniya.

Yap, E., Tham, P., Hamidon, N., & Husna Zulkifli, N. (2020). Kecerdasan Emosi. Kecerdasan Emosi, 1, 21–31. https://doi.org/10.55846/9789675492068