ANALISIS KEPEMIMPINAN BUDDHIS DALAM MENATA LEMBAGA KEAGAMAAN BUDDHA (STUDI KASUS PADA ORGANISASI BUDDHIS DI MEDAN)

Main Article Content

Panir Selwen

Abstract

Terdapat banyak permasalahan yang muncul dalam sebuah kepemimpinan dalam organisasi. Persoalan bagaimana menjadi pemimpin yang baik, persoalan bagaimana menerapkan kepemimpinan yang bisa dilaksanakan semua semua pelaku organisasi dan dapat membawa organisasi mencapai tujuan organisasi. Penerapan kepemimpinan yang diteladani Buddha apakah sudah dilakukan pada lembaga keagamaan Buddha yang ada saat ini. Bagaimana melakukan penataan yang berlandaskan ajaran Buddha.


Perlunya pemahaman yang mendalam tentang konsep pemimpin, kemimpinan dan kepemimpian Buddhis. Pemahaman tentang manajemen dan organisasi. Sehingga dapat diketahui bagaimana menerapkan manajemen organisasi yang baik pada lembaga Keagamaan Buddha. Riset ini adalah sebuah studi kasus pada lembaga keadamaan Buddha dimana dilakukan dengan metoda kualitatif melalui survei untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan. Dengan focus penelitian adalah kepemimpinan Buddis. Dengan mengambil rujukan-rujukan otentik tentang kepemimpinan Buddhis.


Dalam penelitian ini dapat melakukan analisis kepemimpinan Buddhis dalam menata lembaga keagamaan Buddha. Hal ini ditunjukan dengan adanya penerapan kepemimpinan Buddhis dalam menjalankan organisasi keagamaan Buddha. Dari hasil riset dapat dilihat keterkaitan antara kepemimpinan dan kepemimpinan Buddhis. Dan penerapan kepemimpinan Buddhis dalam lembaga keagamaan Buddha tempat objek penelitian. Memberikan saran yang bersifat membangun untuk mencapai hasil yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ANALISIS KEPEMIMPINAN BUDDHIS DALAM MENATA LEMBAGA KEAGAMAAN BUDDHA (STUDI KASUS PADA ORGANISASI BUDDHIS DI MEDAN). (2021). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 3(1), 10-21. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i1.10
Section
Articles

How to Cite

ANALISIS KEPEMIMPINAN BUDDHIS DALAM MENATA LEMBAGA KEAGAMAAN BUDDHA (STUDI KASUS PADA ORGANISASI BUDDHIS DI MEDAN). (2021). JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 3(1), 10-21. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i1.10

References

. (2012), The Numerical Discourses of the Buddha: a translation of the Anguttara Nikāya. USA: Wisdom Publications. (Diterjemahkan oleh Anggara, Indra. (2015), Khotbah-khotbah Numerikal Sang Buddha), Jakarta: Dhammacitta Press.

Badeni. (2017), Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, Bandung: Alfabeta.

Bodhi, Bhikkhu. (2000), The Connected Discourses of the Buddha, A New Translation of the Samyutta Nikāya. USA: Wisdom Publications. (Diterjemahkan oleh Anggara, Indra. (2010), Khotbah-khotbah Berkelompok Sang Buddha: Terjemahan baru Samyuta Nikaya). Jakarta: Dhammacitta Press

Dharma, B., Wijoyo, H., & Anjayani, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82.

Fahmi, Irham. (2017), Manajemen Kepemimpinan : Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. (2018), Manajemen Kinerja, Bandung: Alfabeta.

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Khaerul. Umam. (2015), Manajemen Organisasi, Bandung: Pustaka Setia

Mangkunegara, Anwar, Prabu,. (2017), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Melayu, Hasibuan. (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Miṅgun, Sayadaw. (1991), The Great Chronicle of Buddhas. Myanmar: Tipitaka Nikaya Sasana Organization. (Diterjemahkan oleh Anggara, Indra. (2009), Riwayat Agung Para Buddha revisi 1. Jakarta: GiriMangala Publications)

Moleong, Lexy. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remajarosdakarya

Ñāṇamoli, Bhikkhu, dan Bodhi, Bhikkhu. (2005), The Middle Length Discources of the Buddha, A Translation of Majjhima Nikāya. USA: Wisdom Publications. (Diterjemahkan oleh Anggara, Indra. (2013), Khotbah-khotbah Menengah Sang Buddha: Majjhima Nikāya. Jakarta: Dhammacitta Press).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Pranata, J., Wijoyo, H., & Suharyanto, A. (2021). Local Wisdom Values in the Pujawali Tradition. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 590-596.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Tim Penyusun. (2009), Pola Pembinaan Lembaga Keagamaan Buddha, Dirjen Bimas Buddha Depag RI, Jakarta.

Tim Penyusun. (2018), Buku Keputusan Munas X Majelis Buddhayana Indonesia, Jakarta.

Walshe, Maurice. (1995), The Long Discourses of the Buddha A Translation of the Digha Nikaya. (Diterjemahkan oleh Team Giri Mangala Publication dan Team DhammaCitta Press. (2009), Khotbah-khotbah Panjang Sang Buddha Digha Nikaya), Jakarta: Dhammacitta Press

Wijaya, Mukti, Krishnanda. 2006, Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan

Wijaya, Mukti, Krishnanda. 2016, Demokrasi, Buddhayana, Dan Pemberdayaan Dharmaduta. Jakarta: Karaniya dan Dian Dharma

Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen DI STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.

William, H., & Wijoyo, H., (2020). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/13