PELATIHAN HIDUP BERKESADARAN UNTUK PEMUDA BANJAREJO MELALUI KEGIATAN SEKOLAH MINGGU BUDDHIS JAWA DWIPA MINDFULNESS LIFE TRAINING FOR BANJAREJO YOUTH THROUGH THE ACTIVITIES OF THE JAVA BUDDHIST DWIPA SUNDAY SCHOOL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas pelatihan hidup berkesadaran melalui Sekolah Minggu Buddhis Jawa Dwipa untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan spiritual pemuda di Banjarejo. Meskipun studi sebelumnya telah menunjukkan manfaat mindfulness, masih terdapat kelangkaan penelitian yang mengintegrasikan praktik ini dalam konteks keagamaan untuk pengembangan pemuda. Menggunakan metode pelatihan meditasi dengan berbagai objek, penelitian dilakukan di Vihara Maha Manggala, Boyolali. Hasil menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan konsentrasi dan relaksasi melalui meditasi bunyi, meditasi makan coklat, dan meditasi cahaya lilin. Namun, beberapa peserta masih mengalami kesulitan mempertahankan fokus dalam waktu lama. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman integrasi mindfulness dalam konteks keagamaan dan budaya lokal, serta menyediakan dasar untuk pengembangan program serupa di daerah lain di Indonesia. Implikasinya mencakup wawasan bagi pembuat kebijakan dan praktisi dalam merancang intervensi yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan pemuda di era modern.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Kim, S., Munten, S., Stafford, S., & Kolla, N. J. (2023). Can mindfulness play a role in building social-emotional capacities among youth exposed to screens? Frontiers in Psychiatry, 14(June), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2023.1165217
Monsillion, J. (2023). School Mindfulness-Based Interventions for Youth, and Considerations for Anxiety, Depression, and a Positive School Climate—A Systematic Literature Review. 282–307. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-090-9_24
Munabiah Lestari, M., & Saidah, M. (2023). Penanganan Hoaks Keagamaan di Sosial Media Melalui Literasi Digital Milenial. Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 4(1), 68–94. https://doi.org/10.19105/meyarsa.v4i1.6764
Murthy, V. H. (2022). The Mental Health of Minority and Marginalized Young People: An Opportunity for Action. Public Health Reports, 137(4), 613–616. https://doi.org/10.1177/00333549221102390
Segall, S. Z., & Kristeller, J. L. (2022). Positive Psychology and Buddhism. Handbook of Positive Psychology, Religion, and Spirituality, 211–225. https://doi.org/10.1007/978-3-031-10274-5_14
Yuval, H. (2022). Looking Inside the Black Box of Mindfulness Meditation: Investigating Attention and Awareness During Meditation Using the Mindful Awareness Task (MAT). In הארץ (Issue 8.5.2017).
Zhang, J. (2023). The Benefit of Mindfulness Meditation. Advances in Education, Humanities and Social Science Research, 5(1), 355. https://doi.org/10.56028/aehssr.5.1.355.2023