PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI DHAMMAPADA BERBASIS ANDROID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH MINGGU BUDDHA DI KABUPATEN PESAWARAN
Main Article Content
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat dilakukan guna mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan nonformal didalam lingkup sekolah minggu buddha di kabupaten pesawaran. Pengabdian ini berfokus pada pemanfaatan teknologi berbasis perangkat lunak Android pada ponsel peserta didik agar diarahkan menjadi media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud adalah aplikasi dhammapada yang kedepannya diharapkan dapat mampu menanggulangi kekurangan buku dhammapada cetak yang ketersediaanya tergolong minim di lingkup vihara kabupaten pesawaran. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong rendahnya minat anak untuk belajar dhammapada, sedangkan pembacaan kitab suci dhammapada sering sekali dilombakan ditingkat daerah maupun nasional. Salah satu solusi yang coba ditawarkan adalah penggunaan aplikasi berbasis android sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjang dengan gaya keseharian pelajar zaman sekarang yang tidak terlepas dari penggunaan gawai. Sosialisasi penggunaan aplikasi kepada siswa sekolah menengah atas menunjukkan hasil yang positif, dimana siswa merasa terbantu untuk memahami materi pembalajaran.
Downloads
Article Details
References
Dhammapada Atthakata. 2013. Diterjemahkan oleh: Hendra Wijaya dan Handaka Vijjananda (Ed). Jakarta: Ehipassiko Foundation.
Dhammapada, Syair Kebenaran. 2013. Diterjemahkan oleh: Hendra Wijaya dan Handaka Vijjananda (Ed). Jakarta: Ehipassiko Foundation.
Dialogue of The Buddha (Digha-Nikaya). Vol. III. 1997. Diterjemahkan oleh Nyanaponika Thera dan Bikkhu Bodhi. Rhys David. London: Pali Text Society (PTS).
Fatimah. 2016. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Professional Cs6 Pada Materi Gula dan Hasil Olahnya Untuk Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta (dipublikasikan).
Hamiyah, N. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustaka.
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
pemerintah indonesia. (2007). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN 2007. 3(September), 119–122.
Siu, O. C., Wijoyo, H., & Lamirin, L. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Dhammaduta Majelis Buddhayana Indonesia Pengurus Cabang Medan. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 49-54.
Susanto. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pancasila Buddhis Dan Pancadhamma Pendidikan Agama Buddha Kelas VII SMP di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 1, 50–67.
Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23-29.
Wijoyo, H. (2021). Dosen Inovatif Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).