MENGAJAR DENGAN METODE ROLE PLAY BERBASIS PSIKODRAMA KEPADA GURU SEKOLAH MINGGU BUDDHA TAMIL KOTA MEDAN

Main Article Content

Ong Cin Siu
Nuriani Nuriani
Lamirin Lamirin

Abstract

Guru Sekolah Minggu Buddha adalah seorang yang sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, dan evaluator namun adakalanya Metode pembelajaran ini membuat siswa jenuh dan tidak kreatif. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan mengajar menggunakan metode role play berbasis psikodrama agar siswa lebih antusias untuk belajar. Bentuk kegiatan ini adalah pembinaan Guru Sekolah Minggu Buddha Tamil Kota Medan dilakukan selama satu hari. Pertemuan akan dilakukan pelatihan dengan sistem Psikodrama, Belajar Aktif berdasar prinsip Psikologi dan Drama. Hasil kegiatan Pengabdian ini berjalan dengan lancar. Para peserta sangat antusias mengikuti materi dan pelatihan yang disampaikan. Selain itu praktek psikodrama membuat peserta menambah kompetensi mengajar dan bagi para guru dapat memaksimalkan kompetensinya dalam mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Baroro, Kiromim. 2011. Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal ekonomi&pendidikan , (online)
Djamarah, Syaiful Bahri., & Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta : CAPS
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Kartini, Tien. 2007. Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal pendidikan dasar, (online)
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Lisniasari, L., Susanto, S., Nuriani, N., & Widiyanto, W. (2022). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 61-65.
Muniroh, Muniroh M. 2019. “Daftar Pustaka Penggunaan Metode Bermain Peran Dan Media Gambar (Role Playing) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tema Jenis Pekerjaan Melalui Di Sd Negeri Limo 1 Depo.” INA-Rxiv. July 13. doi:10.31227/osf.io/ayxuv.
Siu, O. C., Lamirin, L., & Tantriana, U. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 3(2), 70-83.
Siu, O. C., Wijoyo, H., & Lamirin, L. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Dhammaduta Majelis Buddhayana Indonesia Pengurus Cabang Medan. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 49-54.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.
Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23-29.
Wijoyo, H. (2021). Dosen Inovatif Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).