MEMBANGUN POLA ASUH DAN NILAI-NILAI AGAMA BUDDHA PADA KELUARGA BUDDHIS DI VIHARA MAHA MANGGALA

Main Article Content

Nuriani Nuriani
Ong Cin Siu
Winja Kumari
Chintya Limurty

Abstract

Pada saat ini moral remaja mengalami kemerosotan yang tentunya dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat. Selain itu, kemerosotan moral dipengaruhi oleh adanya trend sosial media yang menanamkan efek untuk menomorsatukan popularitas dibandingkan dengan tatakrama dan sopan santun. Banyaknya kemunculan perilaku moral yang kurang baik ini juga terjadi karena pengaruh eksternal dan dikuatkan oleh longgarnya pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Dalam ajaran Buddha, sudah ditanamkan nilai-nilai agama untuk dicontoh sebagai pola asuh dalam keluarga buddhis. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat keluarga Buddhis dalam membangun pola asuh dan nilai-nilai agama Buddha yang ditanamkan terhadap keluarga Buddhis khususnya di Vihara Maha Manggala. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah berupa pelatihan. Hasil dan dampak dari program ini adalah terciptanya pemahaman masyarakat terhadap ragam pola asuh dan mampu menerapkannya secara ideal. Selain itu, masyarakat juga mampu menerapkan nilai-nilai agama Buddha dalam mengasuh anak-anaknya juga memperhatikan tumbuh kembang anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bahri, S. (2019). Implementas Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. neliti.com .
Deswidyowati, S. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua, Motivasi Belajar Kedewasaan Dan Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Jurnal Penelitian .
Irsyadi, A. (2012). Pengaruh Bimbingan Karir dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Pada Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Hasil Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta .
Jannah, H. (2019). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Ampek Angkek. neliti.com .
Kurniawan, S. (2014). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasnya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Arruz Media.
Raxa, H. P., Yatno, T., & Wardani, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Moral Remaja Buddhis di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. neliti.com , 7.
Walshe, M. (2009). Khotbah-khotbah Panjang Sang Buddha Digha Nikaya. Jakarta: Dhamma Citta Press.
Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 103-111.
Wijoyo, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Aplikasi Chatting Signal. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 153-156.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Akbar, I. R. (2021). Strategi Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Bertahan Di Era Pandemi-19. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 40-46.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., Limakrisna, N., & Suryanti, S. (2021). The effect of renewal privacy policy whatsapp to customer behavior. Insight Management Journal, 1(2), 26-31.
Wijoyo, Hadion and Akbar, Mada Faisal and Safii, Abdul Rahman and Prasada, Dodi and Yusuf, Ade and Sudarsono, Agus and Widiyant, W., The Effect of Tax Stimulus during the COVID-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers (May 27, 2021).
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2014). SPSS Complete (Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS). Jakarta: Salemba Infotek.