MENGOPTIMALKAN PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL SISWA DI MASA PANDEMI MELALUI TEKNOLOGI PIKIRAN PADA FORUM GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SUMATERA UTARA
Main Article Content
Abstract
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengoptimalkan peran guru dalam membangun kesehatan mental siswa di masa pandemi melalui teknologi pikiran pada Forum Guru Pendidikan Agama Buddha Sumatera Utara. Ketidaksiapan guru dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 telah mempengaruhi kesehatan mental siswa yang kini belajar secara virtual (daring). Upaya mengenalkan teknologi pikiran sebagai salah satu cara guru dalam membangun kesehatan mental siswa di masa pandemi dilaksanakan melalui kegiatan seminar, serta pengadaan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) yang dilaksanakan secara virtual untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kegiatan PkM. Berdasarkan hasil kegiatan seminar, serta perbandingan hasil tes awal dan tes akhir virtual, diketahui bahwa teknologi pikiran dapat mengoptimalkan peran guru yang tergabung dalam Forum Guru Pendidikan Agama Buddha Sumatera Utara dalam membangun kesehatan mental siswa di masa pandemi Covid-19.
Downloads
Article Details
References
Fatimah, Siti dan Mahmudah, Umi (2020). Bagaimana E-Learning Mempengaruhi Kesehatan Mental Siswa Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Studi Empiris. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 4(1), hlm 114-124. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/download/41991/28116
Fitri, Ruqoyyah (2017). Metakognitif Pada Proses Belajar Anak Dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017 e-ISSN: 2557-6891, hlm 44-52.
Gunawan, Adi W. 2012. Hypnosis – The Art of Subsconcious Communication: Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Makhroji, M., Hasby, H., & Nursamsu, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair untuk Pencegahan Penularan COVID-19 di Desa Matang Teupah. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 29-38.
Rozali, Yuli Asmi, Sitasari, Novendawati Wahyu dan Lenggogeni, Amanda (2021). Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic. Jurnal Abdimas Volume 7 Nomor 2, hlm 109-113.
Tim Peneliti Satgas Penanggulangan covid-19 IPK Indonesia. 2020. Gambaran Kondisi Psikologi Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis Berdasarkan Cara Pembelajaran dan Jenjang Pendidikan. Yogyakarta: Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia.
Wathon, A. (2016). Neurosains dalam pendidikan. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 14(1), 284-294.
Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 103-111.
Wijoyo, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Aplikasi Chatting Signal. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 153-156.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Akbar, I. R. (2021). Strategi Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Bertahan Di Era Pandemi-19. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 40-46.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., Limakrisna, N., & Suryanti, S. (2021). The effect of renewal privacy policy whatsapp to customer behavior. Insight Management Journal, 1(2), 26-31.
Wijoyo, Hadion and Akbar, Mada Faisal and Safii, Abdul Rahman and Prasada, Dodi and Yusuf, Ade and Sudarsono, Agus and Widiyant, W., The Effect of Tax Stimulus during the COVID-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers (May 27, 2021).