IMPLEMENTASI PROGRAM MEDITASI UNTUK ANAK-ANAK DI SEKOLAH MINGGU BUDDHIS: EVALUASI DI VIHARA METTA KARUNA MEDAN IMPLEMENTATION OF MEDITATION PROGRAM FOR CHILDREN IN BUDDHIST SUNDAY SCHOOL: EVALUATION AT METTA KARUNA TEMPLE MEDAN
Main Article Content
Abstract
Kegiatan ini membahas program pelatihan meditasi yang dirancang khusus untuk anakanak usia Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) di sekolah minggu Buddhis Vihara Metta Karuna Medan. Kesenjangan dalam penelitian sebelumnya adalah kurangnya studi empiris yang mengeksplorasi efek meditasi dalam konteks pendidikan Buddhis di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai dampak pelatihan meditasi terhadap perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak-anak. Metodologi yang digunakan melibatkan pendekatan observasi non-partisipatif untuk merekam perilaku, interaksi sosial, dan respons anak-anak terhadap aktivitas meditasi selama empat kali pelatihan. Analisis data melalui pengamatan langsung untuk mengidentifikasi pola-pola perilaku, dan tingkat keterlibatan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa anak-anak sangat tertarik dan antusias mengikuti pelatihan meditasi, yang secara signifikan meningkatkan kebahagiaan, kepedulian sosial, dan kehadiran mereka dalam kegiatan sekolah minggu. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berbagi dan kesejahteraan emosional. Temuan ini mengindikasikan bahwa meditasi dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung perkembangan holistik anak-anak dalam pendidikan agama Buddha. Implikasi kegiatan ini adalah bahwa program meditasi terstruktur dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak. Kontribusi kegiatan ini memberikan bukti empiris tentang manfaat meditasi dalam konteks pendidikan Buddhis yang dapat diadopsi dalam pendidikan di sekolah dan memastikan integrasi nilai-nilai Buddhis dalam kehidupan anak sehari-hari.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Connor, C. M., Adams, A., Zargar, E., Wood, T. S., Hernandez, B. E., & Vandell, D. L. (2020). Observing individual children in early childhood classrooms using Optimizing Learning Opportunities for Students (OLOS): A feasibility study. HHS Public Access Author Manuscript, 52(2), 74–89. https://doi.org/10.4018/978-1-59140-055-4.ch008
Erbe, R., Tilman, T., Dykhuis, E. M., & Meindl, P. (2022). Examining Cadets’ Beliefs about Meditation Using the Reasoned Action Approach. Journal of Character and Leadership Development, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.58315/jcld.v10.255
Filipe, M. G., Magalhães, S., Veloso, A. S., Costa, A. F., Ribeiro, L., Araújo, P., Castro, S. L., & Limpo, T. (2021). Exploring the Effects of Meditation Techniques Used by Mindfulness-Based Programs on the Cognitive, Social-Emotional, and Academic Skills of Children: A Systematic Review. Frontiers in Psychology, 12(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.660650
Pan, Y., Zhou, D., & Shek, D. T. L. (2022). After-School Extracurricular Activities Participation and Depressive Symptoms in Chinese Early Adolescents: Moderating Effect of Gender and Family Economic Status. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(7). https://doi.org/10.3390/ijerph19074231
Sagastui, J., Herrán, E., & Anguera, M. T. (2020). A Systematic Observation of Early Childhood Educators Accompanying Young Children’s Free Play at Emmi Pikler Nursery School: Instrumental Behaviors and Their Relational Value. Frontiers in Psychology, 11(July), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01731
Sapardi, S. (2023). Education and Evaluation in a Buddhism Perspective. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 9(2), 95–101. https://doi.org/10.21009/jisae.v9i2.37918
Stalford, H., & Lundy, L. (2022). Children’s Rights and Research Ethics. International Journal of Children’s Rights, 30(4), 891–893. https://doi.org/10.1163/15718182-30040011
Sukh, P., & Sharma, B. (2023). Application of meditation for stress management. International Journal of Yogic, Human Movement and Sports Sciences, 8(1), 247–249. https://doi.org/10.22271/yogic.2023.v8.i1d.1407
Surya, J (Bhikkhuni Thitacarini Theri), dkk (2022). Meditasi Sahabatku. Ampel Boyolali: STIAB Smaratungga Press
Trautwein, F. M., Kanske, P., Böckler, A., & Singer, T. (2020). Differential benefits of mental training types for attention, compassion, and theory of mind. Cognition, 194(May 2017), 104039. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2019.104039
Valentini, M., & Raschi, E. (2023). Yoga and Meditation Benefits in Developmental Age: at School, to Relax the Body and Mind. Lubelski Rocznik Pedagogiczny, 42(2), 181–193. https://doi.org/10.17951/lrp.2023.42.2.181-193
Wilson, N. A., Kenny, M. A., & Peña, A. S. (2021). Role of meditation to improve children’s health: Time to look at other strategies. Journal of Paediatrics and Child Health, 57(2), 178–181. https://doi.org/10.1111/jpc.15275