SOSIALISASI AJARAN SIGALOVADA SUTTA: PANDUAN PRAKTIS UNTUK HIDUP HARMONI DAN KERJA BAGI GENERASI Z SOCIALIZATION OF THE TEACHINGS OF SIGALOVADA SUTTA: A PRACTICAL GUIDE TO LIVING IN HARMONY AND WORK FOR GENERATION Z

Main Article Content

Chatrine Genevien
Nuriani

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan ajaran Sigalovada Sutta sebagai panduan praktis bagi generasi Z dalam membangun kehidupan yang harmonis dan etis, baik secara personal maupun profesional. Sosialisasi dilaksanakan di Vihara Dharma Cakra Buddhis Centre Medan dengan melibatkan 19 responden mudamudi melalui tahapan pre-test, pemberian materi, dan post-test. Hasil analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pemahaman peserta, dengan rata-rata skor meningkat dari 43,89 menjadi 54,53 (p < 0,001), dan korelasi yang sangat kuat antara predan post-test (r = 0,886). Temuan ini menunjukkan bahwa sosialisasi mampu meningkatkan kesadaran etis secara sistematis dan konsisten di seluruh responden. Nilai-nilai dalam Sigalovada Sutta, seperti penghormatan kepada orang tua dan guru, kerja sama sosial, serta keseimbangan hidup, terbukti relevan dalam menjawab tantangan moral generasi Z di era digital. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga mendorong peserta untuk berperan aktif sebagai agen perubahan dalam komunitas mereka. Dengan demikian, program ini dapat menjadi model edukatif dan spiritual yang aplikatif dalam membentuk karakter generasi muda yang lebih berintegritas dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ayu, S., Gusnadi, G., Anjani, D., Sutawan, K., & Pramono, E. (2024). Pengaruh Penerapan Sigalovada Sutta Terhadap Kebahagiaan dan Keharmonisan Keluarga Melalui Tujuan Hidup Perumah Tangga Sebagai Mediasi. Jurnal Kajian Dan Reviu Jinarakkhita Jurnal Gerakan Semangat Buddhayana (JGSB), 2(2), 31–52. https://doi.org/10.60046/jgsb.v2i2.128

Basuki, R. (2021, September 28). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial.” https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html

Bulugahapitiye, N. (2025). Train Human Resources with Buddhist Teachings for Sustainable Economic Development. Kelaniya Journal of Human Resource Management, 19(2), 23–32. https://doi.org/10.4038/kjhrm.v19i2.147

Deloitte. (2025). 2025 Gen Z and Millennial Survey Growth and the pursuit of money, meaning, and well-being.

Desai, S. P., & Lele, V. (2017). Correlating Internet, Social Networks and Workplace – a Case of Generation Z Students. Journal of Commerce and Management Thought. https://doi.org/10.5958/0976-478X.2017.00050.7

Dianti, F. P., Utomo, B., & Khiong, T. K. (2024). Peran Sigalovada Sutta Dalam Pendidikan Karakter Remaja. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 614–624. https://doi.org/10.57235/jerumi.v2i1.2037

Handika, D. (2021). PERAN SIGALOVADA SUTTA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 7(1), 37–54. https://doi.org/10.53565/abip.v4i1.296

McKinsey & Company. (2022, January 14). Addressing Gen Z mental health challenges|McKinsey. https://www.mckinsey.com/industries/healthcare/our-insights/addressing-the-unprecedented-behavioral-health-challenges-facing-generation-z#/

Xing, G. (2016). THE TEACHING AND PRACTICE OF FILIAL PIETY IN BUDDHISM. Journal of Law and Religion, 31(2), 212–226. https://doi.org/10.1017/jlr.2016.20