Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik TK A yang Beragama Buddha di TK Maitreyawira Deli Serdang Tahun Pelajaran 2020/2021

Main Article Content

Jumiati Jumiati
Citra Dewi
Darsono Darsono

Abstract

Perkembangan zaman membuat orang tua zaman sekarang semakin efisien dalam mengasuh anak sehingga anak yang seharusnya tumbuh sesuai tahap perkembangan usianya menjadi masalah pada perilaku belajar anak di sekolah. Pembelajaran etika adalah pembelajaran yang memasukkan pendidikan karakter untuk membentuk karakter anak sejak dini sesuai dengan aspek yang ada dalam tahap perkembangan anak. Untuk itu, usaha yang harus dilakukan untuk mendidik anak agar berbakti kepada orangtua yaitu mendidik anak dengan pola asuh yang tepat sehingga anak dapat memiliki perilaku belajar sesuai dengan capaian perkembangan di sekolah yaitu dari aspek nilai agama dan moral, aspek fisik motori, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek social emosional, dan aspek seni. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian ialah Anak TK A di TK Maitreyawira Deli Serdang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 43 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan ada pengaruh signifikan Pola asuh orang tua terhadap perilaku belajar anak TK A  di TK Maitreyawira Deli Serdang. Besarnya pengaruh tersebut adalah 62.2%. Sedangkan 38,8% Perilaku belajar dipengaruhi oleh faktor lain.

Article Details

Section
Articles