Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Buddhis Bodhicitta Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Main Article Content
Abstract
Pemberhentian proses pembelajaran tatap muka merupakan salah satu tindakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19, sehingga proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dalam penggunaan metode tersebut, maka pemanfaatan teknologi informasi di masa pandemi mempunyai peran cukup besar dengan menerapkan sistem pembelajaran berbasis E-learning yang merupakan usaha dari sekolah untuk membantu pemerintah mengurangi penyebaran COVID-19. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis E-learning dapat mempermudah interaksi antara siswa dengan bahan materi pelajaran, Guru, dan antara sesama siswa. Penerapan pembelajaran berbasis E-learning juga dapat membawa suasana baru dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk belajar pada diri siswa, terutama pada masa Pandemi saat ini. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sistem pengisian angket dengan objek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Buddhis Bodhicitta Medan sebanyak 44 orang. Hasil penelitian ini tentang Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Buddhis Bodhicitta dapat dilihat dari hasil uji regresi linear sederhana, diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,809 yang berarti Pengarung Pambelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi memiliki tingkat pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Buddhis Bodhicitta yaitu sebesar 80,9%, dan hasil dari uji koefisien determinasi R square menunjukkan nilai sebesar 65,4%. Pada pembelajaran berbasis e-learning pada masa pandemi, penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dari pengajar untuk dapat membuat metode pembelajaran yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dari siswa.